PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE EKSPERIMEN TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS IV DI SDN GLAGAHWERO 01 KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011
Abstract
Pembelajaran IPA menunjukkan bahwa pembelajaran IPA di kelas
pada umumnnya kurang maksimal. Siswa dalam pembelajaran cenderung
krang aktif dan terlihat bosan. Ini disebabkan oleh pembelajaran yang ada
tidak melibatkan siswa dan berpusat pada guru. Akibatnya adalah hasil
belajar siswa menjadi kurang. Sedangkan porsentase ketuntasan klasikal
rendah. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk
mengetahui : (1) Peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode
eksperiman dalam pembelajaran IPA tentang gaya. (2) Peningkatan
keaktifan siswa melalui penerapan metode eksperiman dalam pembelajaran
IPA tentang gaya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Glagahwero 01
Kecamatan Panti Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 30 orang
siswa. Pembelajarn dikelas menggunakan teknik pembagian kelompok.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penlitian
menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus.
Setiap siklus dilakukan sebanyak 2 pertemuan. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan
deskripsi kuantitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 1 Februari
2011. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pada pelaksanaan
penelitian terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa. Sedangkan
berdasarkan hasil tes akhir dalam pengerjaan tes esai diperoleh porsentase
ketuntasan klasikal siklus I menjadi 70 %. dan pada siklus II porsentase
ketuntasan klasikal pengerjaan tes esai menjadi 87%. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil
belajar pada materi gaya melalui penerapan metode eksperimen.