Show simple item record

dc.contributor.authorELOK SURYANI
dc.date.accessioned2013-12-05T07:38:45Z
dc.date.available2013-12-05T07:38:45Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204094
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5023
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS materi kerja sama siswa kelas II SDN Nogosari 05 Rambipuji melalui media film animasi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dalam penelitian ini dilakukan dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 01 Maret 2011 sampai tanggal 31 Maret 2011 . Instrumen penelitian ini antara lain lembar wawancara, lembar observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan yang ditujukan kepada guru (peneliti) dan siswa. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media film animasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan, aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 48,89%, pada siklus I sebesar 73,7% yang termasuk dalam kategori aktif, dan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 76% yang termasuk dalam kategori sangat aktif. Aktivitas belajar siswa mengalami persentase peningkatan sebesar 2,30%. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada pra siklus siswa yang mendapat nilai 60 ke atas berjumlah 13 orang dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 28,89%. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai 60 ke atas berjumlah 35 orang dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 77,78%. Pada siklus II siswa yang mendapat nilai 60 ke atas meningkat menjadi 44 orang dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 93,33%. Siswa yang mendapat nilai 60 ke atas mengalami persentase peningkatan sebesar 3,49%, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mengalami persentase peningkatan sebesar 15,55%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media film animasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi kerja sama siswa kelas II SDN Nogosari 05 Rambipuji. Maka berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru dapat mencoba menggunakan media film animasi pada materi lain untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi tidak hanya ceramah saja, dan mengkombinasikan media LKS dengan media pembelajaran lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204094;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Media Film Animasien_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN KERJASAMA MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS II SDN NOGOSARI 05 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record