Show simple item record

dc.contributor.authorEka Hadi Setiyawan
dc.date.accessioned2013-12-05T07:37:47Z
dc.date.available2013-12-05T07:37:47Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210204425
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5019
dc.description.abstractesu litan siswa dalam men yelesaikan soal ben tuk perkalian diseb abkan karena masalah matematika yang berbentuk so al perkalian mempunyai karakteristik tersendiri untuk menyelesaikannya, selain siswa dituntut untuk hafal perkalian, sis wa juga harus mampu menterjemahkan soal ke dalam kalimat matematika yang sesuai dengan so al. Guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat memberikan kodisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampil an sosial dan aktivit as siswa, membantu kesulitan siswa dalam menyelesaikan perkalian, karena pada dasarnya karakteristi k sis wa kelas III adalah siswa yang mempunyai kebiasaan berkelompok-kelompok.Rumusan masalah peneli tian seb agai berikut 1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperati f model STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar pada penyelesaian soal pokok bahasan perkalian kelas III semester I SDN Jember Lor 02 tahun ajaran 2011/2012 ?, 2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif model STAD pada penyelesaian soal pokok bahasan perkalian siswa kelas III SDN Jember Lor 02 tahun ajaran 2011/2012 ?, 3)Bagaimanakah tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dalam penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pada penyelesaian soal pokok perkalian siswa kelas III SDN Jember Lor 02 tahun ajaran 2011/2012 ? Tujuan dari peneliti an ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pada penyelesaian soal pokok bahasan perkalian kelas III SDN Jember Lor 02 tahun ajaran 2011/2012; (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif model STAD pada penyelesaian soal pokok bahasan perkalian siswa kelas III SDN Jember Lor 02 tahun ajaran 2011/2012; (3) Untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dalam penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III SDN Jember Lor 02 tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 02 kelas III yang terdiri dari 30 siswa, 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis tes individu. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 9 April 2012 sampai 30 April 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Jember Lo 02 Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas tim, aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Pada siklus I, aktivitas tim mencapai 76,05 dan 50%, aktivitas siswa siklus I mencapai 66,16% dan aktivitas siswa secara klasikal mencapai 67,78%, aktivitas guru mencapai 80,3%, serta tes individu kuis 1 dan kuis 2 mencapai 61,63% dan 67,67%. Pada siklus II, aktivitas tim mencapai 87,55% dan 75%, aktivitas siswa siklus I mencapai 75,51% dan aktivitas siswa secara klasikal mencapai 77,23%, aktivitas guru mencapai 87,88%, Analisis data hasil penelitian siklus I dari rata-rata kuis 1, kuis 2 dan tes akhir I mencapai 66,67%, pada siklus II dari kuis 3 dan tes akhir II mencapai 83,33%. Berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus II tersebut, maka siswa kelas III telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Karena kelas dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 70% yang telah mencapai skor ≥ 60. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada penyelesaian soal bentuk perkalian dengan menggunakana media pembelajaran Tulang Napier. Saran yang dapat saya berikan bagi guru dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar dengan cara pembentukan kerjasama yang baik sehingga dapat saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain, serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204425;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Model STAD, Media Tulang Napier, Hasil Belajar Perkalian Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD MENGGUNAKAN MEDIA TULANG NAPIER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS III SDN JEMBER LOR 02 TAHUN AJARAN 2011 / 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record