IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA GURU MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII A DI SMP NEGERI 6 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Pencapaian tujuan pendidikan dapat diketahui melalui kegi
atan penilaian.
Penilaian merupakan instrumen yang efektif untuk mengetahui berhasil tidaknya
proses pembelajaran apabila hasilnya dijadikan acuan umpan balik (feedback) bagi
guru maupun siswa itu sendiri. Melalui penilaian hasil belajar, guru dapat menguk
ur
dan menilai sejauh mana siswa dapat menyerap pengalaman belajar serta sejauh mana
keberhasilan pembelajaran yang dilakukan guru, sehingga guru dapat mengambil
keputusan apa yang sebaiknya dilakukan.
Teknik penilaian terus berkembang sejalan dengan kurikulum yang berlaku.
Teknik penilaian dalam KTSP adalah Penilaian Berbasis Kelas (PBK). Penilaian
berbasis kelas
memiliki pengertian bahwa penilaian sebagai kegiatan yang dilakukan
untuk memperoleh dan mengefektifkan informasi tentang hasil belajar siswa
di kelas
selama dan setelah kegiatan belajar mengajar. Terdapat beberapa jenis penilaian
berbasis kelas dalam KTSP salah satunya yang dilakukan oleh guru IPS kelas VIIIA
di SMP Negeri 6 Jember adalah penilaian portofolio.
Penilaian portofolio adalah
salah
satu instrumen penilaian untuk menilai kompetensi siswa, atau menilai hasil
belajar siswa selama dan setelah kegiatan belajar mengajar dalam
pencapaian ranah
kognitif,
afektif, dan psikomotor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
implementasi
penilaian portofolio pada guru mata pelajaran IPS kelas VIIIA di SMP
Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif,
yakni menggambarkan
dengan nilai dan kata
-kata atau kalimat menurut kategori untuk mengetahui
implementasi
penilaian portofolio pada guru mata pelajaran IPS Kelas VIIIA di SMP
vii
Negeri 6 Jember. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam
penelitian ini ada
lah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data utama yang diperoleh dalam penelitian
implementasi penilaian portofolio
pada mata pelajaran IPS ekonomi kompetensi dasar mendeskripsikan pelaku
ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara dapat dilihat
dari instrument penilaian
portofolio siswa. Instrumen penilaian portofolio tersebut
berupa tugas membuat peta konsep, membuat makalah, dan membuat kliping.
Hasil analisis
penilaian portofolio pada siswa dengan melihat instrumen
penilaian berupa tugas peta konsep, makalah, dan kli
ping diperoleh rata-rata klasikal
siswa kelas VIIIA sebesar 78,5 yang artinya baik dengan rincian
nilai masing-masing
instrumen penilaian tugas
peta konsep memperoleh nilai sebesar 78,4, tugas makalah
memperoleh nilai sebesar 77,7 dan tugas kliping mempero
leh nilai sebesar 79,3
Berdasarkan hasil dan pembahasan mengenai implementasi penilaian
portofolio
pada guru mata pelajaran IPS
kelas VIIIA di SMP Negeri 6 Jember tahun pelajaran
2012/2013 disimpulkan bahwa penilaian portofolio yang telah diterapkan guru baik.
Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil analisis tugas siswa secara klasikal yang
menunjukkan nilai diatas ketuntasan minimum.