PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SDN GUMUKMAS 05
Abstract
Hasil observasi dan wawancara pada guru kelas V di SDN Gumukmas 05
Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember siswa kurang mampu menceritakan
kembali teks cerita yang siswa dengar ataupun siswa baca. Hal ini dikarenakan
Dalam proses belajar mengajar guru masih sangat jarang menggunakan media,
khususnya media gambar seri untuk pembelajaran teks cerita anak, guru menjadi
sumber belajar tunggal.
Berdasarkan fakta tersebut peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan:
mendeskripsikan penggunaan media gambar seri, mendeskripsikan keterampilan
berbicara siswa dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas V
melalui media gambar seri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN
Gumukmas 05 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK)
model kolaboratif, yaitu kerjasama antara peneliti dengan guru kelas. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri yang
dikolaborasikan dengan metode pembelajaran diskusi kelompok mampu
meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan motivasi belajar siswa kelas V
SDN Gumukmas 05. Peningkatan prosentase ketuntasan belajar kelas yang
menunjukkan tingkat keterampilan berbicara siswa terhadap teks cerita anak dari
siklus – 1 ke siklus – 2 sebesar 28,2%.
Dari penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar
seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar siswa kelas
V di SDN Gumukmas 05 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Melalui
media gambar seri siswa lebih menikmati kegiatan pembelajaran.
Saran kepada guru-guru hendaknya memilih dan memilah media
pembelajaran yang sesuai dan efektif dalam penyampaian materi pelajaran Bahasa
Indonesia. Khususnya untuk materi tesk cerita anak hendaknya menggunakan
media gambar seri karena media gambar seri telah terbukti keefektifannya dalam
memediai materi teks cerita anak.