• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PEMEGANG JAMKESMAS (STUDI KASUS RSU Dr. H. KOESNADI BONDOWOSO)

    Thumbnail
    View/Open
    Cindy Murdiana_1.pdf (398.9Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Cindy Murdiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia selain pendidikan dan ekonomi dalam Indeks Pembangunan Manusia. Dimana terdapat UUD 1945 pasal 28 H ayat 1 yang menyatakan bahwa “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan”. Tetapi kemiskinan yang ada di Indonesia merupakan masalah terbesar yang dihadapi dalam hal kesehatan, sehingga pemerintah mengeluarkan Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) yang berguna bagi pasien yang tidak mampu dalam berobat di rumah sakit pemerintah. RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso adalah salah satu rumah sakit yang melayani jamkesmas. Rumah sakit tersebut memiliki motto “Kesembuhan penderita dan kepuasan pelanggan adalah kebanggan kami.” Dengan adanya motto tersebut, RSU Dr H Koesnadi Bondowoso dituntut untuk memberikan pelayanan berkualitas sebaik-baiknya kepada para pelanggan, agar pelanggan merasa puas akan pelayanan yang diberikan dapat terpenuhi yaitu kebutuhannya akan pelayanan kesehatan telah sesuai dengan harapan para pelanggan. Pelayanan jamkesmas banyak digunakan oleh para pasien pengguna jamkesmas dengan rawat inap kelas III, ternyata masih banyaknya keluhan dari pasien pemegang jamkesmas tentang kualitas pelayanan yang berdampak pada kepuasan pelanggan itu sendiri. Rumusan masalah yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kualitas pelayanan pegawai RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso terhadap kepuasan pasien pemegang jamkesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pemegang jamkesmas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif dengan data kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 74 responden pasien pemegang Jamkesmas di RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso dengan menggunakan teknik sampling insidental. Sampling insidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Menggunakan skala likert dalam mengukur variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pasien pemegang jamkesmas. Penelitian ini dilakukan di RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso pada tanggal 21 Juli 2011-21 September 2011. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5010
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12471]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository