PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE PROBLEM POSING, METODE THINK-PAIRS-SHARE (TPS), DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL (Studi Komparasi pada Siswa Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran di MA Negeri 2 Probolinggo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012-2013) SKRIPSI Oleh PROGRAM
Abstract
Hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif
metode problem posing sebesar 88,13, kelas yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif metode Think-Pairs-Share (TPS) sebesar 77,63 dan kelas yang menggunakan
model pembelajaran konvensional sebesar 62,13. Hasil uji ANAVA diperoleh F hitung
sebesar 39,779 dan harga F tabel 3,082 pada taraf signifikasi 5% dengan dbk = 2 dan dbd =
117. Ketentuan yang digunakan apabila F hitung lebih besar dari F tabel, maka Ha (hipotesis
alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nihil) ditolak. Berdasarkan data tersebut dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diperoleh
melalui model pembelajaran kooperatif metode problem posing dengan hasil belajar
siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode Think-Pairs-Share
(TPS) dan model pembelajaran konvensional.