Show simple item record

dc.contributor.authorMIFTAHUL FUAD
dc.date.accessioned2013-12-05T07:15:28Z
dc.date.available2013-12-05T07:15:28Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210391026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4963
dc.description.abstractatar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi positioning terhadap perilaku pascapembelian konsumen handphone SAMSUNG. Variabel independen yang diteliti yaitu; atribut produk (X vii 1 ), manfaat produk (X ), pemakai produk (X 3 ), harga produk (X ) dengan variabel dependen yaitu perilaku pascapembelian yaitu; kepuasan, rekomendasi dan pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh yang signifikan dari variabel positioning (atribut produk, manfaat produk, pemakai produk dan harga produk) terhadap perilaku pascapembelian konsumen dan untuk mengetahui variabel manakah dari positioning (atribut produk, manfaat produk, pemakai produk dan harga produk) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku pascapembelian konsumen. 4 Populasi penelitian adalah mahasiswa/i Pendidikan Ekonomi angkatan 2010, 2011 dan 2012 yang menggunakan handphone SAMSUNG yakni sebanyak 56 mahasiswa, maka peneliti menggunakan semua responden penelitian dengan pertimbangan bahwa jumlah tersebut sudah melebihi jumlah responden minimal dalam penelitian (n=30). Variabel yang diteliti adalah atribut produk (X ), manfaat produk (X 2 ), pemakai produk (X 3 ), harga (X ) dan perilaku pascapembelian konsumen (Y). Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t, sedangkan untuk menganalisis data, yang digunakan adalah analisis regresi berganda. 4 Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 3,575 + (0,882)X 1 + (0,446)X 2 + (0,487)X 3 + (0,349)X 4 + e i 1 2 Seluruh variabel independen memiliki korelasi yang searah dengan variabel dependen sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara atribut produk, manfaat produk, pemakai produk dan harga produk terhadap perilaku pascapembelian handphone Samsung. Hasil uji F atau simultan diperoleh F sebesar 44,152 dan F sebesar 2,553 maka (44,152 ≥ 2,553) yang berarti signifikan dan menerima hipotesis alternatif. Hasil pengujian secara parsial variabel atribut produk diperoleh t tabel hitung sebesar 5,896 dan t sebesar 2,003 dengan nilai signifikansi (5,896 ≥ 2,003), variabel manfaat produk diperoleh t tabel viii hitung sebesar 2,789 dan t sebesar 2,003 dengan nilai signifikansi (2,789 ≥ 2,003), variabel pemakai produk diperoleh t hitung sebesar 2,944 dan t sebesar 2,003 dengan nilai signifikansi (2,944 ≥ 2,003), variabel harga produk diperoleh t tabel hitung sebesar 2,360 dan t sebesar 2,003 dengan nilai signifikansi (2,360 ≥ 2,003). Dengan menggunakan koefisien beta dapat diperoleh persentase besarnya pengaruh yang diberikan oleh setiap variabel bebas terhadap variabel terikat yakni atribut produk sebesar 40,13%, manfaat produk 13,76%, pemakai produk sebesar 16,46% dan harga produk sebesar 7,22%. hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variable atribut produk (X tabel ) merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap perilaku pascapembelian (Y). Koefisien determinasi R 2 (R square) digunakan untuk mengukur besarnya pengaruh simultan dari variabel bebas terhadap variabel terikat, maka diperoleh nilai koefisien determinasi R 2 sebesar 0,776 atau 77,6% terhadap naik turunnya perilaku pascapembelian, sisanya sebesar 22,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi positioning memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen pascapembelian handphone SAMSUNG dan variabel atribut produk (X ) adalah variabel dari positioning yang mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku pascapembelian handphone SAMSUNG.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391026;
dc.subjectpositioning, perilaku konsumen pascapembelian, handphone, SAMSUNGen_US
dc.title“PENGARUH STRATEGI POSITIONING TERHADAP PERILAKU PASCAPEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG” (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010, 2011,2012 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record