PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK DAN DISTRIBUTOR TERHADAP VOLUME PENJUALAN SOUVENIR (Pada Industri Kerajinan Kerang Di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun 2012)
Abstract
Berkembangnya persaingan bisnis dalam dunia pemasaran, mengharuskan para
pengusaha melakukan inovasi terhadap produk yang dihasilkan agar perusahaan tetap
bisa menarik konsumen dan dapat memenuhi selera atau kebutuhan konsumen.
Banyaknya industri kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo
yang memproduksi produk sejenis mendorong perusahaan untuk melakukan
diversifikasi produk melalui pengenekaragaman produk, bentuk produk, dan ukuran
produk. Selain itu, perusahaan menggunakan jasa distributor agar produknya bisa
sampai ke tangan konsumen serta konsumen tidak mengalami kesulitan untuk
mendapatkan produk yang diinginkan. Diversifikasi produk dan penggunaan distributor
dimaksudkan untuk meningkatkan volume penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah:
1) mengkaji adakah pengaruh yang signifikan variabel diversifikasi produk dan
distributor terhadap volume penjualan souvenir pada industri kerajinan kerang di
Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo tahun 2012 dan 2) mengkaji manakah
diantara variabel diversifikasi produk dan distributor yang berpengaruh dominan
terhadap volume penjualan souvenir pada industri kerajinan kerang di Kecamatan
Panarukan Kabupaten Situbondo tahun 2012.
Penelitian ini dilakukan di industri kerajinan kerang Kecamatan Panarukan
Kabupaten Situbondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tempat
penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area yaitu tempat
penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu.
Penentuan responden penelitian menggunakan metode populasi. Metode pengumpulan
data melalui metode angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Angket dalam
vii
penelitian ini sebelumnya di uji dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis varian garis
regresi, uji F, uji t dengan taraf signifikansi 0,05 (5%) yang dibantu dengan
menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian membuktikan bahwa diversifikasi produk dan distributor
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan souvenir pada industri
kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo tahun 2012. Hal ini
dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana F
viii
hitung
≥ F
yaitu sebesar 59,369 ≥ 3,17
dengan taraf signifikansi 0,000. Koefisien determinasi (R
t abel
) sebesar 0,708 yang
berarti bahwa besarnya variabel diversifikasi produk dan distributor sebesar 70,8%,
sisanya sebesar 29,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.
square
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan bahwa
diversifikasi produk dan distributor telah terbukti mempengaruhi volume penjualan
souvenir pada industri kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo
tahun 2012. Variabel diversifikasi produk berpengaruh dominan terhadap volume
penjualan souvenir pada industri kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten
Situbondo tahun 20