• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI), METODE GENIUS LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL (Studi Kasus Siswa Kelas X PM Semester Gasal SMK Plus Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2012-2013)

    Thumbnail
    View/Open
    Masyhudi Sulun - 060210301176_1.pdf (312.8Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Masyhudi Sulun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta di lapangan menunjukkan bahwa model pembelajaran konvensional masih menjadi model pembelajaran yang paling sering diterapkan. Guru hanya sesekali mencoba menerapkan salah satu model pembelajaran yang lain. Informasi yang diperoleh peneliti dari guru mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK MHI Jember pada saat dilakukan observasi awal pada permulaan semester gasal tahun ajaran 2012/2013, bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dalam menyampaikan materi kewirausahaan. Guru tersebut mengungkapkan bahwa model pembelajaran konvensional masih menjadi pilihan utama karena guru sudah familiar dan mudah dalam menerapkannya. Model konvensional tersebut disampaikan dengan metode ceramah dan sesekali pemberian tugas dan tanya jawab. Hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, menunjukkan bahwa masih banyak siswa di beberapa kelas XPM yang mendapatkan nilai pada kriteria rendah, dan hanya beberapa siswa saja yang mendapatkan nilai pada kriteria sedang serta tinggi. Dari permasalahan yang ada, peneliti mencoba untuk mengeksperimenkan dua model pembelajaran kooperatif yaitu metode Problem Based Instruction dan metode Genius Learning yang diharapkan dapat mendorong siswa menjadi lebih aktif dan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparasional yang bertujuan untuk mengetahui perbedaaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode Problem Based Instruction (PBI), metode Genius Learning, dan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran kewirausahaan vii pokok bahasan mengembangkan semangat wirausaha tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini dilakukan di SMK MHI Bangsalsari Jember dimana subyek yang diteliti adalah siswa kelas XPM. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XPM1 sampai dengan kelas XPM3. Sampel yang digunakan adalah kelas XPM1 sebagai kelas eksperimen , yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif metode Problem Based Instruction, kelas XPM2 sebagai kelas eksperimen 2 viii 1 yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif metode Genius Learning, dan kelas XPM3 sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji ANAVA. Sebelum melakukan uji ANAVA terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan anova dan dilakukan uji normalitas menggunakan chi square. Aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berlangsung didominasi oleh aktivitas menyampaikan pendapat, memecahkan masalah, dan menulis laporan, masing-masing memiliki skor rata–rata sebesar 3,37, 3,44, dan 3,27. Rata-rata aktivitas belajar siswa secara keseluruhan sebesar 3,13 yang ternasuk dalam kriteria aktif. Aktivitas belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif metode Genius Learning (GL) didominasi oleh aktivitas menjawab dan menyampaikan pendapat yang sama-sama memiliki skor rata-rata sebesar 3,32. Rata-rata aktivitas belajar siswa secara keseluruhan sebesar 2,95 yang ternasuk dalam kriteria aktif. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional didominasi oleh aktivitas mendengarkan yang memiliki skor rata-rata sebesar 3,42. Rata-rata aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran konvensional secara keseluruhan sebesar 2,35 yang termasuk kriteria cukup aktif. Berdasarkan data tersebut maka dapat menjawab hipotesis yang diajukan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran pembelajaran kooperatif
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4945
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository