PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Ak 2 SMK Trunojoyo Jember Semester Genap Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Melakukan Pencatatan Transaksi Dalam Jurnal Pada Perusahaan DagangTahun Ajaran 2012/2013)
Abstract
P
emahaman dan keterampilan siswa masih rendah ditunjukkan dari nilai
ulangan harian siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guruseperti
menganalisis transaksi dan tah
apan pencatatan transaksi dalam jurnal pada siklus
akuntansi perusahaan jasa
, siswa sering salah membedakan antara memasukan akunakun
didebet
dan
dikredit.Proses
pembelajaran
pada
jurusan
akuntansi
yang
dilakukan
di
SMK Trunojoyo Jember cenderungmasih dengan metode konvensional seperti
ceramah dan tugas dari LKS yang sudah ada contoh jawabannya. Terkait dengan
rendahnya pemahaman dan keterampilan siswa pada mata pelajaran akuntansi
diperlukan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan bidang studi
akuntansi.
Salah satu metode pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran akuntansi
yaitu metode resitasi yang nantinya metode ini dapat melatih siswa untuk belajar
sendiri maupun kelompok atas tugas tanpa menunggu jawaban dari teman dan sejauh
mana
siswa tersebut dapat memahami akuntansi karena metode resitasi selama ini
belum pernah diterapkan oleh guru akuntansi SMK Trunojoyo Jemberdiharapkan
dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan
proses penerapan metode resitasi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan
siswa. 2) Meningkatkan keterampilan siswa melalui penerapan metode resitasi (studi
kasus pada siswa kelas X Ak 2 di SMK Trunojoyo Jember mata pelajaran akuntansi
kompetensi dasar melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal pada perusahaan
vii
dagang tahun ajaran 2012/2013). 3) Meningkatkan pemahaman siswa melalui
penerapan metode resitasi
.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian
dilaksanakan di SMK Trunojoyo Jember dengan objekpenelitian menggunakan
metode purposive yaitu seluruh siswa kelas X Ak 2 yang berjumlah 46 siswa terdiri
dari 32 perempuan dan 14
laki-laki yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri
dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan/observasi, dan refleksi. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara dan
dokumentasi.Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan pendekatan
kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan.
Hasil analisis data tes menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dapat
meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa kelas X Ak 2 SMK Trunojoyo
Kabupaten Jember mata pelajaran akuntansi. Pada siklus I diketahui jumlah skor ratarata
pemahaman siswaperetemuan pertama sebesar 84dan pertemuan kedua 88 dan
secara klasikal 72
% (belum memenuhi standar ketuntasan minimum) mengalami
peningkatan pada siklus II secara individu
pertemuan pertama 86 dan secara klasikal
mencapai
95%. Pemahaman siswa rata-rata secara individu pada pertemuan kedua
sebesar 90 dan secara klasikal mencapai 100% (sudah memenuhi standara ketuntasan
minimun). Sedangkan skor rata
-rata keterampilan siswa pada siklus I pertemuan
pertama jumlah
skor rata-rata 2,1 dan pada pertemuan kedua meningkat sebesar 2,2
(kategori sedang) dan meningkat pad
a siklus II pertemuan pertamajumlah skor ratarata
2,3
dan
pada
peretmuan
kedua
meningkat
sebesar
2.4
(kategori
tinggi).
Berdasarkan analisis data yang diperolah dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode resitasi dapat meningkatkan pemahaman d
an keterampilan belajar siswa.
Peneliti menyarankan kepada guru a
kuntansi SMK Trunojoyo Jember agar metode
resitasi dapat dijadikan sebagai alternatife mengajar oleh guru dalam proses
pembelajaran a
kuntansi.