Show simple item record

dc.contributor.authorIka Fatmawati
dc.date.accessioned2013-12-05T06:59:14Z
dc.date.available2013-12-05T06:59:14Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210101077
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4931
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada guru matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Pakusari, metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah. Pembelajaran tersebut masih berorientasi pada guru yaitu guru menerangkan dan siswa hanya mendengarkan saja. Selain itu siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Karena kurangnya partisipasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan ketuntasan hasil belajar siswa di bawah SKM (Standar Ketuntasan Minimal). Dari hasil observasi didapatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII-C masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh data kelas, yakni 18,18% siswa dari 6 siswa yang dikatakan tuntas dan 81,82% atau 27 orang siswa yang tidak tuntas. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa. Salah satu pembelajaran matematika yang diharap dapat memenuhi hal tersebut adalah pembelajaran matematika realistik. Tujan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran matematika realistik, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pembelajaran matematika realistik pada sub pokok bahasan kubus dan balok. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Pakusari semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dimulai pada tanggal 20 Maret 2012 sampai dengan 07 April 2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika realistik pada sub pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 14 Jember semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dilaksanakan langkah-langkah yang disesuaikan dengan pembelajaran matematika realistik yaitu (1) memahami masalah kontkstual, (2) menjelaskan masalah kontekstual, (3) menyelesaikan masalah kontekstual, (4) membandingkan jawaban siswa, dan (5) menyimpulkan. Dalam pelaksanaannya terdapat kekurangan pada pembelajaran pertama dan pembelajaran kedua. Pada pembelajaran pertama guru tidak dapat menjalankan skenario pembelajaran secara optimal, karena siswa kurang terbiasa dengan pembelajaran yang dilaksanakan. Karena keterbatasan waktu pembelajaran pertama belum terselesaikan sehingga dilanjutkan pada pembelajaran kedua. Pada pembelajaran kedua, guru kurang membimbing siswa pada saat kerja kelompok karena pembelajaran 2 merupakan lanjutan dari pembelajaran 1 akibatnya aktivitas siswa dalam matematisasi konseptual dan dalam membuat model menjadi rendah. Sedangkan pada pembelajaran 3 dan 4 aktivitas guru sudah mencapai kriteria sangat aktif yaitu sebesar 91,7% sehingga menjadikan persentase semua aktivitas siswa termasuk kriteria aktif. Semakin meningkatnya aktivitas siswa dari pembelajaran I hingga pembelajaran IV dikarenakan siswa dilibatkan secara langsung dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik. Sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar siswa siklus I, secara klasikal sebesar 39,40% dan semakin meningkat di siklus II menjadi 84,85%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika realistik cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume dan luas permukaan kubus dan balok. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar matematika di kelas pada tiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101077;
dc.subjectPenerapan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik (RME)en_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik (RME) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIIIC SMP Negeri 1 Pakusari Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record