PRODUCT POSITIONING STRATEGY DARI HONDA NEW MEGA PRO DI KOTA JEMBER
Abstract
Positioning adalah apa yang diperbuat pada pikiran konsumen. Jika
pikiran konsumen dapat dikuasai, secara otomatis pasar juga dapat dikuasai.
Persaingan industri sepeda motorsport di Indonesia adalah latar belakang dari
penelitian ini. Pangsa pasar Suzuki sebagai pemain dalam industri ini menurun
untuk kategori sepeda motor sport. Hal tersebut mengindikasikan terjadi
kegagalan sebuah merek untuk mendapatkan tempat dan mempengaruhi
pemikiran konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi dan
keunggulan sepeda motor sport Honda New MegaPro dengan pesaingnya.
Penelitian ini dilakukan dengan analisis multidimensional scaling dan
analisis korespondensi. Multi Dimensional scalling untuk mengetahui kemiripan
di antara obyek yang diteliti, dan analisis korespondensi untuk mengetahui
keunggulan pada setiap obyek. Merek sepeda motor sport yang diteliti adalah
Honda New Mega Pro, Yamaha Byson, Kawasaki Ninja RR, Suzuki Thunder dan
Bajaj Pulsar
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sepeda motor sport Honda New
Mega Pro, memiliki kemiripan denganYamaha Byson dipersepsikan sama oleh
konsumen,. Berdasarkan peta persepsi ini pesaing terdekat Honda New Mega Pro
adalah Yamaha Byson. Keunggulan atributyang dimiliki Honda New Mega Pro
adalah atribut Design body dan Ketersediaan Sparepart.