PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA SISWA YANG DIBERI TUGAS KELOMPOK DENGAN SISWA YANG DIBERI TUGAS INDIVIDU (Pada pokok bahasan Pasar kelas VIII di SMP 2 Pecoro Rambipuji Jember) Oleh
Abstract
Dari output SPSS tersebut diketahui nilai signifikansi untuk Levene statistik
sebesar 0,705 atau lebih besar dari 0,05 sehingga dikatakan data bersifat homogen.
Untuk nilai signifikansi pada uji-F atau anova diperoleh sebesar 0,126 lebih besar dari
0,05 sehingga disimpulkan bahwa varian data homogeny. Kelas 2A memiliki nilai X2
sebesar 15,00 dengan derajat bebas 16. Apabila dilihat dari tabel X2 untuk tingkat
signifikansi 5% dan derajat bebas 16 maka diperoleh nilai X2 tabel = 26,296; sehingga
dapat diambil kesimpulan X2hitung < X2 tabel atau data berdistribusi normal. Kelas 2B
memiliki nilai X2 sebesar 17,83 dengan derajat bebas 18. Apabila dilihat dari tabel X2
untuk tingkat signifikansi 5% dan derajat bebas 18 maka diperoleh nilai X2 tabel =
22,362; sehingga dapat diambil kesimpulan X2hitung < X2tabel atau data berdistribusi
normal. Kelas 2C memiliki nilai X2 sebesar 15,18 dengan derajat bebas 21. Apabila
dilihat dari tabel X2 untuk tingkat signifikansi 5% dan derajat bebas 15 maka diperoleh
ix
nilai X2 tabel = 24,996; sehingga dapat diambil kesimpulan X2hitung < X2 tabel atau data
berdistribusi normal.
Dari hasil di atas diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat
dikatakan bahwa nilai pretest dan posttest pada kelas control berbedanya nyata secara
statistik.
Apabila kita melihat pada t table untuk df sebesar 68 dan signifikansi sebesar 0,05
atau alpha 5% maka diperoleh nilai t table sebesar 1,99 dan jika kita bandingkan antara t
hitung dengan t table maka perlu jelas sekali | t hitung | > dari t table atau | 3,00 | > 1,99
sehingga dapat disimpulkan bahwa antara nilai dengan tugas kelompok dan nilai ulangan
dengan tugas individu memberikan hasil yang berbeda nyata.
Perbedaan nilai rata-rata nilai nilai untuk kelas dengan tugas kelompok dan nilai
ulangan dengan tugas individu diperoleh sebesar 3,57 lebih besar pada rata-rata nilai
ulangan untuk kelas dengan tugas kelompok yaitu 80,78 sedangkan rata-rata nilai untuk
kelas dengan tugas individu sebesar 77,21. Perbedaan nilai rata-rata nilai nilai untuk kelas
dengan tugas kelompok dan nilai ulangan dengan tugas individu diperoleh sebesar 3,57
lebih besar pada rata-rata nilai ulangan untuk kelas dengan tugas kelompok yaitu 80,78
sedangkan rata-rata nilai untuk kelas dengan tugas individu sebesar 77,21..