Show simple item record

dc.contributor.authorDODI SANDOKO
dc.date.accessioned2013-12-05T06:52:07Z
dc.date.available2013-12-05T06:52:07Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210204146
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4919
dc.description.abstractHasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah belajar, rendahnya hasil belajar siswa diduga disebabkan karena penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat. Dalam tes pra siklus pada mata pelajaran IPS, ditemukan bahwa siswa yang tuntas dalam belajar ada 14 siswa atau 38,89%, sedangkan siswa yang belum tuntas dalam belajar ada 22 siswa atau 61,11%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN Mojosari 03 PugerJember dalam mata pelajaran IPS masih rendah, karena belum memenuhi KKM yang disepakati. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Mojosari 03 Puger-Jember, didapatkan informasi bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan guru masih bersifat konvensional dan monoton. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan cara memilih pembelajaran yang tepat. Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas merupakan salah satu pembelajaran yang mendukung pembelajaran konstekstual, salah satunya adalah Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menentukan rumusan masalah (a) Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajran tertruktur dengan pemberian tugas pelajaran IPS pokok bahasan tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu, buddha, dan islam terhadap siswa kelas V SD Negeri Mojosari 03 Puger Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas palajaran IPS pokok bahasan tokohtokoh sejarah pada masa Hindu, Buddha, dan Islam terhadap siswa kelas V SD Negeri mojosari 03 puger Jember Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang menggunakan Setting kelas V SDN Mojosari 03 Puger-Jember , yang dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2011 - 22 Desember 2011 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 52,78% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus 2, pada siklus 2 langkah-langkah yang dilakukan seperti lebih intensif membimbing kelompok yang mengalami kesulitan, memberikan semangat agar lebih kompak dalam berdiskusi menyelesaikan Lembar Kerja Kelompok, dan memberi penghargaan yang menarik, sehingga pada siklus 2 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 77,78% yang tergolong mencapai kentuntasan belajar secara klasikal dengan peningkatan 25% dari siklus I. Aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I sebanyak 54,4%, sehingga terjadi peningkatan sebanyak 5%, sedangkan pembelajaran dari siklus I mendapatkan prosentase aktivitas sebesar 54,4 dan pembelajaran siklus II memperoleh 66,1%, sehingga mengalami peningkatan sebanyak 11,7% Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajran tertruktur dengan pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mojosari 03 Puger-Jember. Berdasarkan hasil kesimpulan, maka saran yang diberikan peneliti adalah untuk melaksanakan strategi pembelajaran yang bersifat Student Centre maka guru dapat memilih metode pembelajaran tertruktur dengan pemberian tugas dalam proses belajar mengajar agar hasil yang ingin diperoleh dapat lebih optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204146;
dc.subjectAktivitas Dan Hasil Belajar Siswa, Pokok Bahasan Tokoh-Tokoh Sejarah Pada Masa Hindu, Buddha, Dan Islam, Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugasen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU, BUDDHA, DAN ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR DENGAN PEMBERIAN TUGAS DI KELAS V SDN MOJOSARI 03 PUGER JEMBER 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record