• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KORAN PADA SISWA KELAS IV SDN PADOMASAN 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    Eka T. Wulandari.pdf (241.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    EKA TRI WULANDARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Padomasan 04 Jombang Jember kelas IV yang terdiri dari 22 siswa, 8 laki-laki dan 14 perempuan. Proses pembelajarannya dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitiannnya adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif yang dianalisis berupa data hasil dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan deskriptif kuantitatif diperoleh dari data hasil tes individu. Pengambilan data dimulai pada tanggal 26 November 2010 sampai tanggal 23 Mei 2011. Pengambilan data tersebut dimulai dari sebelum tindakan pendahuluan hingga selesai pembelajaran pada siklus II. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Padomasan 04 Jombang Jember. Data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara, dokumentasi nilai siswa, perubahan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa. Analisis yang dilakukan memperoleh hasil aktifitas siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I mencapai 27,3% sedangkan pada siklus II mencapai 77,3%. Sehingga secara klasikal siswa kelas IV mencapai ketuntasan belaajr dengan kategori cukup baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklus dan peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Penerapan strategi Problem Solving dengan menggunakan media koran dapat membuat siswa lebih memahami konsep yang dipelajari terutama yang sangat berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya dan melatih siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapi dengan baik dan tidak menyalahi aturan yang ada.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4897
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository