dc.description.abstract | Ekonomi sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan disekolah,
berkaitan dengan proses belajar mengajar terutama mengenai sarana yang digunakan.
Salah satu sarana tersebut adalah sumber belajar. Buku merupakan sumber belajar
yang memiliki peran penting dalam proses pembelajaran.
Soal yang terdapat dalam buku teks tersebut membantu guru dalam proses
evaluasi. Dalam evaluasi guru mengambil soal-soal dari buku teks. tetapi belum
mengetahui tingkat kognitifnya. Sehingga diharapkan dari penelitian ini dapat
membantu untuk mengetahui tingkat kognitif yang terdapat dalam soal-soal pilihan
ganda (objektif) pada buku teks terbitan Ganeca Exact tersebut agar tujuan
pembelajaran dapat dicapai dengan baik. Soal latihan pada buku teks ekonomi yang
dijadikan alat evaluasi harus sesuai dengan tingkat berfikir siswa. Taraf berfikir
dalam Revisi Taksonomi Bloom menurut Anderson dibagi menjadi enam tingkatan
yaitu pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi dan kreasi. Sedangkan
soal yang baik adalah adanya proporsi yang tepat antara jumlah soal yang tergolong
mudah, sedang, dan sulit.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana tingkat
kognitif soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi untuk siswa kelas X SMA Negeri
3 Jember terbitan Ganeca Exact? 2) Bagaimana Validitas soal pilihan ganda pada
buku teks ekonomi untuk siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca
Exact? 3) Bagaimana kesesuaian soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi untuk
siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact dengan silabus dan
kurikulum? 4) Bagaimana soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi kelas X SMA
viii
Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact dengan kriteria soal yang baik? Adapun
Penelitan ini dilakukan untuk 1) menganalisis tingkat kognitif soal pilihan ganda pada
buku teks ekonomi kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact, 2)
mengetahui kesesuaian Validitas soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi untuk
siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact? 3) mengetahui
kesesuaian soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi untuk siswa kelas X SMA
Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact dengan silabus dan kurikulum? 4) mengetahui
soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan
Ganeca Exact dengan kriteria soal yang baik
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Tempat penelitian
dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember dengan objek penelitiannya adalah 40 soal
pilihan ganda uji kemampuan akhir tahun (akhir semester genap) mata pelajaran
ekonomi yang terdapat dalam buku teks ekonomi terbitan Ganeca Exact. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumen dan wawancara.
Analisis data yang digunakan yaitu analisis tingkat kognitif dan tingkat
kesesuaiannya dengan kriteria soal yang baik serta indikator dalam silabus.
Analisis mengenai tingkat kognitif diperoleh hasil bahwa proporsi tingkat
kognitif soal pilihan ganda mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 3 Jember
pada buku teks terbitan Ganeca Exact ialah 17 soal atau 42.5% (C1), 7 soal atau 17,5
% (C2), 8 soal atau 20% (C3), 8 soal atau 20% (C4), 0% (C5), dan 0% (C6) dapat
ditulis dengan perbandingan 6:4:0. Soal buku teks dilihat dari validitas isi secara
keseluruhan sudah dapat dikata valid. Namun, Jika dibandingkan kriteria soal yang
baik menurut Sudjana 3:4:3 maka prosentase soal kategori mudah, sedang dan sulit
belum proporsional atau belum memenuhi syarat kriteria soal yang baik
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa soal
pilihan ganda pada uji akhir tahun buku teks Ganeca Exact mata pelajaran ekonomi
kelas X di SMA Negeri 3 Jember masih membutuhkan perbaikan. Soal buku teks
terbukti belum memenuhi syarat yang proporsional. Selain itu soal buku teks tersebut
banyak memiliki tingkat kognitif yang tidak sama dengan indikator dalam silabus. | en_US |