Show simple item record

dc.contributor.authorEka Fitriyana
dc.date.accessioned2013-12-05T06:34:02Z
dc.date.available2013-12-05T06:34:02Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204075
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4874
dc.description.abstractTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media gambar pokok bahasan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah pada siswa kelas IV SDN Paleran 05 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pokok bahasan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah pada siswa kelas IV SDN Paleran 05 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Paleran 05 mulai tanggal 3 Januari sampai 29 April 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada siklus I dengan kriteria tidak aktif dan siklus II dengan kriteria aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 51,5% dan pada siklus II sebesar 71,3%, (2) Pembelajaran IPS menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 60% dan siklus II secara klasikal sebesar 80% atau dapat dikatakan tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204075;
dc.subjectAktivitas Dan Hasil Belajar IPS, Aktivitas Ekonomi, Sumber daya Alamen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DAN POTENSI LAIN DI DAERAH MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN PALERAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record