PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK ROKOK MEREK FLAME PADA DSO (DISTRICT SALES OFFICE) PT NUSANTARA INDAH MAKMUR JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada perusahaan dan untuk
menentukan strategi pemasaran yang tepat pada perusahaan rokok flame pada DSO
PT Djayasakti Indah Makmur. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi adalah
jumlah keseluruhan objek yang diteliti, yang menjadi populasi dari penelitian ini
adalah seluruh Pimpinan, Karyawan DSO PT. Djayasakti Indah Makmur dan
sebagian konsumen secara umum. Metode analisis data menggunakan analisis
SWOT. Hasil analisis data menunjukkan Perusahaan berada pada kuadran ke
IV(empat), dimana perusahaan menerapkan strategi stabilitas. Dalam artian strategi
yang diterapkan tanpa mengubah arah strategi yang diterapkan. Untuk langkah
selanjutnya, perusahaan dapat menerapkan strategi penguatan merek produk dan
pemosisian ulang merek produk. Dalam penguatan merek produk, bertujuan untuk
memperluas pasar target, untuk mengidentifikasi kelemahan produk, dapat
mempererat hubungan antar produsen, agen, dan konsumen, serta untuk memenuhi
permintaan harga dalam persaingan.