PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN GARIS BILANGAN POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Matematika merupakan salah satu cabang ilmu dasar yang peranannya sangat
penting sebagai upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika
bukanlah ilmu yang hanya untuk dirinya sendiri tetapi ilmu yang bermanfaat untuk
sebagian besar ilmu yang lainnya. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk
mencapai tujuan dari matematika. Pembelajaran matematika di sekolah dasar pada
umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah.
Berdasarkan hasil observasi di SDN Kebonsari 04 Jember, terdapat permasalahan
yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB masih kurang dari kriteria standar
ketuntasan belajar yaitu 70 yang telah ditetapkan oleh SDN Kebonsari 04 Jember.
Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
IVB pada mata pelajaran matematika ini adalah melalui model pembelajaran
kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) berbantuan garis bilangan
pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IVB di SDN Kebonsari 04 Jember pada pokok bahasan penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD
(student teams achievement division) berbantuan garis bilangan?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas IVB pada mata pelajaran matematika pada pokok bahasan penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD
(student teams achievement division) berbantuan garis bilangan di SDN Kebonsari 04
Jember. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) berbantuan
garis bilangan pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat,
maka akan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB di SDN
Kebonsari 04 Jember.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember tahun
ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 40 siswa. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa pada akhir tes siklus 1 dan 2,
analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran serta jawaban siswa dan
guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Januari sampai
12 Maret 2012.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) berbantuan
garis bilangan pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat mengalami peningkatan yang baik. Hal ini terbukti dari
nilai rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai 62,71%. Pada
siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa mencapai 81,46%. Hasil belajar siswa
melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement
division) berbantuan garis bilangan pada mata pelajaran matematika pokok bahasan
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat juga mengalami peningkatan. Pada
siklus 1 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 67,5%. Pada
siklus 2 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 82,5%. Adapun
saran yang dapat diberikan yaitu guru harus memperhitungkan waktu yang
dibutuhkan atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran kooperatif tipe
STAD berbantuan garis bilangan dan perlu adanya kontrol yang baik dari guru
selama proses pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan garis bilangan karena
adanya kegiatan diskusi kelompok serta penentuan untuk aktivitas belajar siswa yang
diamati harus sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD itu sendiri.