dc.contributor.author | DEDY SWANTORO | |
dc.date.accessioned | 2013-12-05T06:19:14Z | |
dc.date.available | 2013-12-05T06:19:14Z | |
dc.date.issued | 2013-12-05 | |
dc.identifier.nim | NIM100210274055 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4851 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran IPS sudahdiajarkanpadaanak SD mulai dari kelas
rendah sampai kelas tinggi. Untuk sebagian siswa pembelajaran IPS terkadang
dirasa pelajaran yang sangat membosankan. Hal ini disebabkan karena IPS
merupakan suatu ilmu sosial yang didalamnya berisi sejarah perjuangan, letak
geografis dan ilmu sosial lain yang menuntut siswa untuk menghafal.
MenurutNasrun (2002:21) secara umum hasil belajar diartikan sebagai
suatu hasil pekerjaan yang telah dicapai dengan usaha atau diperoleh dengan jalan
keuletan bekerja yang dapat diukur dengan alat ukur yang disebut dengan tes.
Menurut Djarah, 1994:23 prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh berupa
kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari
aktivitas dalam belajar.
Penelitian ini dilakukan di SDN 02 Bantaran Kabupaten Probolinggo untuk siswa
kelas V pada pelajaran IPS denganmateri perjuangan kemerdekaan dengan jumlah siswa
13 anak. Berdasarkan observasi diketahui bahwa prestasi belajar siswa kelas V SDN 02
Bantaran masih sangat rendah. Untuk hasil pembelajaran pada siklus I masih terdapat 4
anak atau 30,8 % yang nilainya masih dibawah KKM. Hal ini disebabkan karena
beberapa hal salah satunya yaitu pembelajaran hanya terpusat pada guru sehingga siswa
kurang aktif. Sehingga pada siklus I ini diadakan remedial pada siswa yang belum tuntas.
Tetapi hasil belajar pada tahap remedial masih kurang memuaskan sehingga perlu adanya
perbaikan. Media gambar seri adalah cara yang tepatdalam pembelajaran ini. Gambar seri
adalah sejumlah gambar yang menggambarkan suasana yang sedang diceritakan dan
menunjukkan adanya kesinambungan antara gambar yang satu dengan lainnya. Perbaikan
dilakukan pada siklus II, pada siklus ini semua kendala yang terjadi dapat teratasi
danhasil belajar siswa semakin meningkat.
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar seri dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada siswakelas V materi perjuangan kemerdekaan SDN 02 Bantaran
Probolinggo. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210274055; | |
dc.subject | Pembelajaran IPS, HasilBelajar, Gambar Seri | en_US |
dc.title | PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA KOMPETENSI DASAR PERJUANGAN KEMERDEKAAN DI SDN 02 BANTARAN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 | en_US |
dc.type | Other | en_US |