PERENCANAAN JEMBATAN GANTUNG PEJALAN KAKI TIPE I DUSUN TAKER DESA GUNUNG MALANG KECAMATAN SUBOH KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Jembatan merupakan suatu bagian dari jalan raya yang berfungsi untuk
menghubungkan jalan yang terputus karena adanya rintangan seperti sungai, danau,
lembah, jurang, laut, jalan raya.
Jembatan dibagi menjadi beberapa tipe yaitu
jembatan rangka
baja, jembatan cable stayed, jembatan beton, jembatan gantung, dll.
Pembangunan jembatan gantung di desa Gunung Malang merupakan pilihan
yang tepat kerena jembatan gantung sangat membantu aktifitas warga dan
meningkatkan perekonomian warga. Selain itu proses belajar mengajar tidak akan
terganggu karena sebagian besar tenaga pengajar yang ada di dusun tersebut berasal
dari luar dusun.
Dilihat dari jumlah penduduk dusun taker tidak terlalu banyak dan
hanya beberapa warga saja yang mempunyai kendaraan sepeda motor, maka
jembatan
gantung yang mungkin dilaksanakan adalah jembatan gantung pejalan kaki tipe I.
Hasil penelitian didapatkan panjang bentang jembatan adalah 100 meter, lebar
jembatan 2 meter, ketinggian jembatan dari muka air 6 meter. Lantai kendaraan
menggunakan deck kayu 3/25. Gelagar memanjang menggunakan WF 350.175.7.11.,
gelagar melintang menggunakan CNP 220.80.9.12,5. Kabel utama menggunakan
sling baja Ø60 (6x37), dan kabel penggantung menggunakan sling baja Ø18 (6x19).
Menara (pylon) menggunakan profil baja WF 400.300.9.14, batang horisontal
menggunakan profil L 80.80.8, batang diagonal profil L 80.80.8. Lendutan yang
terjadi pada seperempat bentang adalah 0,424 m.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]