Show simple item record

dc.contributor.authorDEDY CANDRA PRANATA
dc.date.accessioned2013-12-05T06:16:48Z
dc.date.available2013-12-05T06:16:48Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204079
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4847
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran yang terjadi di kelas VI SDN Jambearum 02 khususnya dalam pembelajaran IPA masih bersifat konvensional. Pembelajaran yang konvensional hanya berfokus pada bagaimana seorang guru mengajar dan guru sebagai satu-satunya sumber utama pengetahuan sehingga siswa menjadi tidak aktif/pasif. Adanya aktivitas yang cenderung rendah dalam pembelajaran akan berpengaruh juga terhadap hasil belajar siswa. Siswa juga mengaku sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep yang abstrak karena mereka hanya mendapatkan penjelasan melalui ceramah saja. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dicarikan solusi yang sesuai, yakni dengan menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA. Metode eksperimen adalah suatu cara mengajar, dimana siswa melakukan suatu percobaan tentang suatu hal; mengamati prosesnya serta menuliskan percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru. Penerapan metode eksperimen dapat memberikan pengalaman belajar secara langsung pada siswa, melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, dan melatih siswa untuk berpikir yang ilmiah (scientific thinking). Selain itu dengan eksperimen siswa dapat menemukan bukti kebenaran dari teori yang sedang mereka pelajari. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA pokok bahasan konduktor dan isolator panas melalui metode eksperimen pada siswa kelas VI SDN Jambearum 02 kecamatan Puger kabupaten Jember? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan konduktor dan isolator panas melalui metode eksperimen pada siswa kelas VI SDN Jambearum 02 kecamatan Puger kabupaten Jember?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: 1) meningkatkan aktivitas belajar IPA pokok bahasan konduktor dan isolator panas melalui metode eksperimen pada siswa kelas VI SDN Jambearum 02 kecamatan Puger kabupaten Jember, 2) meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan konduktor dan isolator panas melalui metode eksperimen pada siswa kelas VI SDN Jambearum 02 kecamatan Puger kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN Jambearum 02 kecamatan Puger kabupaten Jember dengan jumlah siswa 14 orang, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 26 Juli 2011 sampai dengan 12 Desember 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN Jambearum 02 Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa sebesar 66,07% dalam kategori aktif. Pada siklus II persentase aktivitas siswa naik sebesar 5,95% menjadi 72,02% dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,43% dalam katagori baik. Pada siklus II presentase hasil belajar siswa naik sebesar 7,14% menjadi 78,57% dalam katagori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan konduktor dan isolator panas pada siswa kelas VI SDN Jambearum 02 kecamatan Puger kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204079;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPA , Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator Panas, Metode Eksperimenen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VI SDN JAMBEARUM 02 KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record