Show simple item record

dc.contributor.authorCHARISYAH WIDYA YUANTI
dc.date.accessioned2013-12-05T06:10:20Z
dc.date.available2013-12-05T06:10:20Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4841
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan siswa kelas IVB SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember dalam memahami materi mata pelajaran IPS yang sebagian besar hanya berupa konsep-konsep. Hal ini disebabkan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah dan penugasan, sumber belajar yang terbatas dan kurangnya media pembelajaran, sehingga siswa hanya menghafal materi yang diberikan. Teknik Pick Up Cards Game merupakan salah satu teknik pembelajaran yang menggunakan permainan. Oleh karena itu, perlu diterapkan teknik ini pada pembelajaran IPS siswa kelas IVB SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan merumuskan masalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi melalui teknik Pick Up Cards Game di SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember. Hipotesis dari penelitian ini yaitu jika diterapkan teknik Pick Up Cards Game pada siswa kelas IVB mata pelajaran IPS pokok bahasan Koperasi di SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember, maka aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi melalui teknik Pick Up Cards Game di SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember. Manfaat penelitian ini yaitu diharapkan dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajarnya. Bagi guru, diharapkan dapat menjadi sumber informasi baru dan menjadi masukan untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran. Bagi sekolah, diharapkan dapat memberi ide dan gagasan dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Bagi peneliti, dapat menambah pengetahuan, pengalaman dan bekal sebelum terjun langsung sebagai guru yang profesional. Bagi peneliti lain, dapat menjadi masukan untuk penelitian selanjutnya. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dimulai pada hari Selasa, 18 September 2011 di kelas IVB SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan yang dimulai pada tanggal 28 Februari hingga 8 Maret 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.. Aktivitas belajar siswa pada Pra Siklus meliputi memperhatikan penjelasan guru, menjawab pertanyaan, mengajukan pertanyaan dan mengerjakan soal. Berdasarkan analisis aktivitas belajar siswa, diperoleh persentase klasikal sebanyak 44,53% (cukup aktif). Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I meliputi memperhatikan penjelasan guru, aktif dalam permainan, berdiskusi dengan kelompok, bekerjasama dalam kelompok dan memecahkan masalah. Persentase keaktifan secara klasikal pada siklus I yaitu 74,13% (aktif). Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,36% menjadi 83,49% 9 (sangat aktif). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebanyak 55%(kurang baik). Pada siklus I meningkat sebanyak 12,5% menjadi 67,5% (kurang baik). Pada siklus II meningkat sebanyak 10% dibandingkan dengan siklus I menjadi 77,5% (cukup baik). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan teknik Pick Up Cards Game dalam pembelajaran IPS di kelas IVB SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan koperasi. Aktivitas belajar siswa yang meningkat dikategorikan sangat aktif dan hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Saran yang dapat diberikan bagi guru, hendaknya menerapkan berbagai teknik pada pembelajaran lainnya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti, perlu dikaji lebih luas mengenai penerapan teknik Pick Up Cards Game untuk variabelvariabel yang lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204051;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Pokok Bahasan Koperasi, Teknik Pick Up Cards Gameen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KOPERASI MELALUI TEKNIK PICK UP CARDS GAME DI SDN KEBONSARI 04 KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record