dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan siswa kelas IVB SDN
Kebonsari 04 Kabupaten Jember dalam memahami materi mata pelajaran IPS yang
sebagian besar hanya berupa konsep-konsep. Hal ini disebabkan pembelajaran yang
menggunakan metode ceramah dan penugasan, sumber belajar yang terbatas dan
kurangnya media pembelajaran, sehingga siswa hanya menghafal materi yang
diberikan. Teknik
Pick Up Cards Game merupakan salah satu teknik pembelajaran
yang menggunakan permainan. Oleh karena itu, perlu diterapkan teknik ini pada
pembelajaran IPS siswa kelas IVB SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember. Penelitian
ini dilakukan dengan merumuskan masalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi
melalui teknik
Pick Up Cards Game di SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember.
Hipotesis dari penelitian ini yaitu jika diterapkan teknik
Pick Up Cards Game pada
siswa kelas IVB mata pelajaran IPS pokok bahasan Koperasi di SDN Kebonsari 04
Kabupaten Jember, maka aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IVB pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi melalui teknik
Pick
Up Cards Game
di SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember. Manfaat penelitian ini
yaitu diharapkan dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajarnya. Bagi guru, diharapkan dapat menjadi sumber informasi baru dan menjadi
masukan untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran. Bagi sekolah, diharapkan
dapat memberi ide dan gagasan dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Bagi peneliti, dapat menambah
pengetahuan, pengalaman dan bekal sebelum terjun langsung sebagai guru yang
profesional. Bagi peneliti lain, dapat menjadi masukan untuk penelitian selanjutnya.
Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Pengambilan data dimulai pada hari Selasa, 18 September 2011 di kelas IVB SDN
Kebonsari 04 Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana
masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan yang dimulai pada tanggal 28 Februari
hingga 8 Maret 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
wawancara, observasi, dokumentasi dan tes..
Aktivitas belajar siswa pada Pra Siklus meliputi memperhatikan penjelasan
guru, menjawab pertanyaan, mengajukan pertanyaan dan mengerjakan soal.
Berdasarkan analisis aktivitas belajar siswa, diperoleh persentase klasikal sebanyak
44,53% (cukup aktif). Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I meliputi
memperhatikan penjelasan guru, aktif dalam permainan, berdiskusi dengan
kelompok, bekerjasama dalam kelompok dan memecahkan masalah. Persentase
keaktifan secara klasikal pada siklus I yaitu 74,13% (aktif). Pada siklus II mengalami
peningkatan sebesar 9,36% menjadi 83,49% 9 (sangat aktif). Persentase ketuntasan
hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebanyak 55%(kurang baik). Pada
siklus I meningkat sebanyak 12,5% menjadi 67,5% (kurang baik). Pada siklus II
meningkat sebanyak 10% dibandingkan dengan siklus I menjadi 77,5% (cukup baik).
Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan teknik
Pick Up Cards Game
dalam pembelajaran IPS di kelas IVB SDN Kebonsari 04 Kabupaten Jember dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan koperasi.
Aktivitas belajar siswa yang meningkat dikategorikan sangat aktif dan hasil belajar
siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Saran yang dapat
diberikan bagi guru, hendaknya menerapkan berbagai teknik pada pembelajaran
lainnya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti, perlu
dikaji lebih luas mengenai penerapan teknik
Pick Up Cards Game untuk variabelvariabel
yang lain. | en_US |