• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT DAN GAGASAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI SUMBEREJO 10 KECAMATAN AMBULU

    Thumbnail
    View/Open
    Dodik M. Setiadi.pdf (2.832Mb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    DODIK MUQSID SETIADI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IV SD Negeri Sumberejo 10 Kecamatan Ambulu dalam menyampaikan pendapat dan gagasan (2) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyampaikan pendapat dan gagasan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sumberejo 10 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember pada siswa kelas IV yang terdiri dari 40 siswa, 24 laki – laki dan 16 perempuan. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelasyang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes performance, wawancara, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui kemampuan individu siswa dalam menyampaikan pendapat, bertanya, dan menjawab pertanyaan selama pembelajaran berlangsung. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 23 Pebruari 2011 sampai 5 April 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Sumberejo 10 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan aktiviyas guru. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa prosentase aktivitas siswa selama pembelajaran terkait kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat dan gagasan adalah : siklus I prosentase hasil aktivitas siswa 72.50 % berani menyampaikan pendapat, bertanya maupun menjawab pertanyaan, pada siklus II sebesar 80.00 % dari hasil secara klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keberaniannya untuk menyampaikan pendapat dan gagasan, bertanya dan menjawab pertanyaan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4827
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository