PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI GAYA MAGNET SISWA KELAS V SDN GUGUT 02 RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Gugut 02 mulai tanggal 11 Januari
sampai 21 Mei 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model
skema dari hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan
(planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).
Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik
deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi,
wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode
eksperimen pada siklus I dengan kriteria sedang dan siklus II dengan kriteria aktif.
Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 56% dan
pada siklus II sebesar 60%, (2) Pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen
dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan
hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 40% dan siklus II secara
klasikal sebesar 80% atau dapat dikatakan tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan aktivitas belajar dan hasil
belajar IPA dengan metode eksperimen pada materi gaya magnet siswa kelas V SDN
Gugut 02 Rambipuji-Jember, memberikan saran bagi siswa agar lebih meningkatkan
minatnya terhadap IPA, guru hendaknya menggunakan sarana dan prasarana untuk
kegiatan pembelajaran IPA dengan metode eksperimen untuk peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa, untuk peneliti lain hendaknya menggunakan hasil penelitian
ini sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya.