PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PRAKTIK CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN JASA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2006-2010
Abstract
Pada teori agensi menjelaskan tentang hubungan antara manajer dan
shareholders. Manajer dipilih shareholders sebagai pengelolah perusahaan sedangkan
shareholders sebagai pemilik perusahaan dan pemangku kepentingan utama di dalam
perusahaan. Tujuan shareholders memilih Manajer sebagai pengelolah perusahaan
adalah untuk memakmurkan shareholders melalui peningkatan nilai perusahaan.
Manajer dalam mengelolah perusahaan tidak lepas dari earnings management
yakni fleksibilitas memilih beberapa alternatif dalam mencatat transaksi sekaligus
memilih opsi-opsi yang ada dalam perlakuan akuntansi. Fleksibilitas ini digunakan
oleh manajer perusahaan untuk mengelolah laba yang akan berdampak pada nilai
perusahaan. Namun kenyataannya, seringkali motivasi- motivasi yang mendorong
manajer untuk melakukan earnings management tidak selaras dengan kepentingan
shareholders karena mengindikasikan kepentingan pribadi manajer. Sehingga
informasi perusahaan yang disampaikan manajer kepada shareholders dan
stakeholders lainnya tidak sesuai dengan keadaan perusahaan sebenarnya. Untuk
menyelaraskan kepentingan-kepentingan antara manajer dan shareholders diperlukan
corporate governance. Corporate governance adalah beberapa aturan seperti
kepemilikan manajerial, komisaris independen, kepemilikan institusional dan
klasifikasi akuntan publik yang menentukan hubungan antara manajer, shareholders
dan stakeholders sesuai dengan hak dan tanggungjawabnya.