dc.contributor.author | BAYU SETIAWAN | |
dc.date.accessioned | 2013-12-05T05:35:36Z | |
dc.date.available | 2013-12-05T05:35:36Z | |
dc.date.issued | 2013-12-05 | |
dc.identifier.nim | NIM080210204031 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4789 | |
dc.description.abstract | Fakta yang terjadi di lapangan, mayoritas siswa Sekolah Dasar kurang
termotivasi untuk mengikuti pelajaran IPS. Berdasarkan observasi yang penelit i
lakukan di SDN Suger Kidul 01 terdapat permasalahan yaitu hasil belajar siswa yang
masih rendah dan siswa cenderung pasif dan bosan karena metode yang digunakan
guru cenderung monoton. Banyak menggunakan ceramah dan hafalan. Oleh karena
itu penelit i menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CooperativeCooperative
(Co-Op
Co-Op)
untuk
menarik
minat
dan
perhatian
siswa
terhadap
mata
pelajaran
IPS.
Dalam penelit ian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimanakah
peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan
masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa kelas IV SDN Suger Kidul 01
Jember? Oleh karena itu, penelit ian ini bertujuan untuk meningkatkan mot ivasi dan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di
lingkungan setempat?
Penerapan model pembelajaran kooperatif t ipe Cooperative-Cooperative (CoOp
Co-Op)
pada intinya
mengharuskan
siswa
untuk
mengerjakan
permasalahan
yang
disediakan
secara berkelompok sehingga siswa dapat belajar untuk bekerjasama dan
bertukar pikiran mengenai masalah yang ada. Sehingga dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa. Dengan adanya peningkatan mot ivasi belajar siswa diharapkan dapat
berdampak pada kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang menyebabkan
hasil belajar dapat meningkat
.
Penelit ian ini dilaksanakan di SD Negeri Suger Kidul 01 Jember tahun
pelajaran 2011/2012. Adapun subjek penelit ian adalah siswa Kelas IV yang
berjumlah 28 siswa. Penelit ian ini merupakan penelit ian t indakan kelas dengan
pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Sedangkan metode
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan
tes.
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 1 Juni 2012 sampai 9 Juni 2012.
Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil
penelit ian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
model
pembelajaran
kooperatif t ipe Cooperative-Cooperative (Co-Op Co-Op) pada pokok bahasan pokok
bahasan masalah sosial di lingkungan setempat terlaksana dengan lancar dan terdapat
peningkatan mot ivasi dan hasil belajar siswa. Penelit ian ini terdiri atas 2 siklus.
Motivasi siswa mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya.
Persentase motivasi siswa adalah 78% pada siklus I dan meningkat menjadi 82,1%
pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 78,57%
dan meningkat sebesar 85,71% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran yang menggunakan model kooperatif t ipe Co-Op Co-Op dapat
meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.
Dalam pembelajaran dengan
model
pembelajaran kooperatif t ipe
Cooperative-Cooperative (Co-Op Co-Op) sebaiknya guru menyiapkan perangkat
pembelajaran dengan cermat terutama dalam pembuatan LKS sehingga dapat
mengoptimalkan kegiatan pembelajaran. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210204031; | |
dc.subject | Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa, Masalah Sosial, Cooperative-Cooperative, Media Gambar | en_US |
dc.title | PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI TIPE COOPERATIVE- COOPERATIVE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI SUGER KIDUL 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012 | en_US |
dc.type | Other | en_US |