dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan: 1).Memaparkan proses pembelajaran
keterampilan berbicara dalam forum diskusi dengan menerapkan metode bermain
peran dengan bantuan media audiovisual 2).Meningkatkan keterampilan berbicara
dalam forum diskusi setelah pembelajaran dengan menerapkan metode bermain
peran dengan bantuan audiovisual.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 7 Kebondalem, Bangorejo,
Banyuwangi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 7 Kebondalem yang
terdiri dari 14 siswa, 8 perempuan dan 6 laki-laki. Penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif an jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilakukan seanyak dua siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data mulai dilakukan pada
tanggal 1 Februari 2011 sampai dengan 14 Mei 2011 dengan subjek penelitian
siswa kelas V SDN 7 Kebondalem. Data yang dikumpulka berupa aktifitas siswa,
aktifitas guru, dan tes Individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil
aktifitas siswa selama pembelajaran keterampilan berbicara dalam forum diskusi
menggunakan metode bermain peran dengan bantuan audiovisual adalah: pada
siklus I prosentase nilai siswa adalah 64 % siswa yang tuntas dan 36 % siswa
belum tuntas. Sedangkan pada siklus II 85 % siswayang tuntas dan 15 % siswa
yang belum tuntas.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktifitas keterampilan berbicara dalam forum diskusi dengan menggunakan
metode bermain paran dengan bantuan audiovisual. Dengan metode bermain
peran dan media audiovisual dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan
merangsang siswa untuk mengungkapkan pendapat dan berbicara didepan umum,
memotifasi siswa untuk terus meningkatkan keterampilan berbicara. | en_US |