dc.contributor.author | DEWI TAOFAN WIJAYANTIE | |
dc.date.accessioned | 2013-12-05T05:29:43Z | |
dc.date.available | 2013-12-05T05:29:43Z | |
dc.date.issued | 2013-12-05 | |
dc.identifier.nim | NIM080210204200 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4777 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Antirogo 03 kecamatan Sumbersari
kabupaten Jember yang terdiri dari 26 siswa, 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang
siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan
kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan diawali dengan pra siklus. Metode
pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif
kualitatif digunakan untuk menganalisis data observasi, wawancara dan
dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis tes
individu, dan tes kelompok. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: aktivitas
siswa dan ketuntasan hasil belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa selama
pembelajaran IPS menggunakan media permainan ular tangga mengalami
peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang aktif; (2) hasil belajar
siswa selam pembelajaran mengalami peningkatan dan sesuai Kriteria Ketuntasan
Minimal; (3) Pembelajaran IPS menggunakan media permainan ular tangga dapat
meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas III SDN Antirogo 03 Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210204200; | |
dc.subject | Aktivitas dan Hasil Belajar IPS, Bahasan Uang, Media Permainan Ular Tangga | en_US |
dc.title | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN UANG MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SDN ANTIROGO 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011 | en_US |
dc.type | Other | en_US |