Show simple item record

dc.contributor.authorBAIQ ABDITYA ROHAINULLAH
dc.date.accessioned2013-12-05T05:29:27Z
dc.date.available2013-12-05T05:29:27Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4776
dc.description.abstractIlmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pencapaian tujuan pembelajaran IPS harus di dukung dengan kualitas mangajar guru serta peran aktif siswa. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai tujuan dari IPS. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ini adalah melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition media video pembelajaran. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan model spiral dari Hopkins yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari empat fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 36 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisa data deskriptif kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi sedangkan analisis data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil tes pada akhir pertemuan Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition Dari hasil penelitian, dirumuskan beberapa saran diantaranya: 1)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204041;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Perkembangan Teknologi, Cooperative Integrated Reading and Compositionen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN JEMBER LOR 02 MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record