Show simple item record

dc.contributor.authorDewi Atika
dc.date.accessioned2013-12-05T05:24:37Z
dc.date.available2013-12-05T05:24:37Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204152
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4766
dc.description.abstractTujuan penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Kencong 06 Kecamatan Kencong Kabupaten Jember yaitu untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari Siklus I dan siklus II dengan masing-masing 2 pertemuan, yang di dalamnya meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Kesimpulan dari hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal dari siklus I sebesar 51,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 53,87%. Dari analisis hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dan individu yaitu sebanyak 76% siswa tuntas dan 24% siswa tidak tuntas, yang berarti telah memenuhi standar ketuntasan. Pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa meningkat menjadi 84% dengan 21 siswa tuntas. Dari hasil analisis tersebut terlihat bahwa persentase aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Dari rangkaian penelitian dan hasil yang telah diperoleh maka penulis memberikan bberapa saran (1) Bagi Sekolah, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Kencong 06, salah satu caranya yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) karena dapat meningkatkan kemampuan siswa baik secara klasikal maupun secara individu; (2) Bagi Guru, pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran; (3) Bagi Peneliti Lain, penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan menambah media yang lebih tepat dengan pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204152;
dc.subjectMata Pelajaran IPA, Number Heads Together (NHT), Aktivitas Dan Hasil Belajaren_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SDN KENCONG 06 TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record