Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Pemecahan Masalah Sehari-hari Yang Melibatkan Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Dengan Metode Kerja Kelompok Pada Siswa Kelas V SDN Menyono 02 Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Kegiatan pembelajaran Matematika dengan menggunakan
MetodeKelompok sangat membantu siswa dalam meningkatkan hasil
belajar siswa. Pembelajaran dengan Metode Kelompok dilaksanakan dengan
memperhatikan beberapa hal diantaranya penyiapan bahan ajar dan
persiapan yang matang, pengelolaan kelas yang baik, perhatian guru yang
bervariasi sesuai dengan kebutuhan siswa, jumlah media/alat yang cukup,
dan metode pembelajaran yang sesuai/sejalan dengan pendekatan ini.
Pembelajaran dengan menggunakan Metode Kelompok ini membutuhkan
persiapan mengajar dan manajemen waktu dan kelas dengan baik guna
mencapai efektivitas hasil pada setiap pembelajaran di kelas. Pembelajaran
Matematika dengan Metode Kelompok dapat meningkatkan pemahaman
siswa tentang aplikasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam
kehidupan sehari-hari mata pelajaran Matematika pada siswa dan membuat
pembelajaran lebih aktif dan menarik serta penggunaan Metode Kelompok
memberi pengalaman belajar yang mengesankan pada siswa.
2. Hasil belajar siswa meningkat setelah peneliti menggunakan Metode
Kelompok. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kesinambungan antara
pengalaman belajar siswa dengan kehidupan nyata mereka sehingga konsep
yang tertanam pada siswa lebih mendalam. Dengan demikian hasil belajar
siswa akan meningkat jika menggunakan pembelajaran dengan Metode
Kelompok