• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS TOPIK TEKNOLOGI TRANSPORTASI MASA LALU DAN MASA KINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MAINAN DAN KARTU GAMBAR DI SDN KARANG PAITON JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    ALFIAN NUR ALIFAN DINI - 080210204042 (2)_1.pdf (215.8Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    ALFIAN NUR ALIFAN DINI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pengetahuan sosial di sekolah merupakan mata pelajaran yang memadukan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu sosial yang disusun melalui pendekatan pendidikan dan psikologis serta kelayakan dan kebermaknaannya bagi siswa dan kehidupannya. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai tujuan dari IPS. Pembelajaran IPS di sekolah dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Berdasarkan hasil observasi di SDN Karang Paiton jember, terdapat permasalahan yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV masih kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh SDN Karang Paiton Jember. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ini adalah melalui model pembelajaran Kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini melalui model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar di SDN Karang Paiton Jember semester dua tahun pelajaran 2011-2012?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini melalui model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar di SDN Karang Paiton Jember semester dua tahun pelajaran 2011-2012. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Paiton semester dua tahun pelajaran 2011/2012 akan meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karang Paiton Jember tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 30 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada akhir tes siklus 1 dan 2, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 November 2011 – 29 Februari 2012. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2011-2012 dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 59%, sedangkan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa mencapai 76%. Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 57% siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus 2 siswa yang tuntas mencapai 87 %. Berdasarkan persentase tersebut maka penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Paiton Jember. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan agar penerapan model pembelajaran kontekstual selain dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dianggap cocok digunakan dalam pembelajaran di kelas, khususnya mata pelajaran IPS, juga dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih kreatif sehingga dapat meningkatkan motivasi pembelajaran yang lebih inovatif dalam dunia pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4739
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository