PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS TOPIK TEKNOLOGI TRANSPORTASI MASA LALU DAN MASA KINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MAINAN DAN KARTU GAMBAR DI SDN KARANG PAITON JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Ilmu pengetahuan sosial di sekolah merupakan mata pelajaran yang
memadukan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu sosial yang disusun melalui
pendekatan pendidikan dan psikologis serta kelayakan dan kebermaknaannya bagi
siswa dan kehidupannya. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai
tujuan dari IPS. Pembelajaran IPS di sekolah dasar pada umumnya masih
menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Berdasarkan hasil
observasi di SDN Karang Paiton jember, terdapat permasalahan yaitu aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas IV masih kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimal
yang telah ditetapkan oleh SDN Karang Paiton Jember.
Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS ini adalah melalui model pembelajaran Kontekstual menggunakan
media mainan dan kartu gambar topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi
masa lalu dan masa kini melalui model pembelajaran kontekstual dengan
menggunakan media mainan dan kartu gambar di SDN Karang Paiton Jember
semester dua tahun pelajaran 2011-2012?. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS
topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini melalui model pembelajaran
kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar di SDN Karang
Paiton Jember semester dua tahun pelajaran 2011-2012. Hipotesis pada penelitian ini
adalah jika guru menerapkan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan
media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi
masa lalu dan masa kini maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang
Paiton semester dua tahun pelajaran 2011/2012 akan meningkat.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karang Paiton Jember tahun
ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 30 siswa. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada
akhir tes siklus 1 dan 2, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran
serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada
tanggal 29 November 2011 – 29 Februari 2012.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran
Kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS
topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini pada siswa kelas IV semester
genap tahun pelajaran 2011-2012 dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rata-rata
persentase aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 59%, sedangkan pada siklus 2
persentase aktivitas belajar siswa mencapai 76%. Selanjutnya hasil belajar siswa pada
siklus 1 adalah 57% siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus 2 siswa yang tuntas
mencapai 87 %. Berdasarkan persentase tersebut maka penelitian dengan menerapkan
model pembelajaran kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar pada
mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Paiton Jember.
Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan agar penerapan model pembelajaran
kontekstual selain dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran
yang dianggap cocok digunakan dalam pembelajaran di kelas, khususnya mata
pelajaran IPS, juga dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran
yang lebih kreatif sehingga dapat meningkatkan motivasi pembelajaran yang lebih
inovatif dalam dunia pendidikan.