Show simple item record

dc.contributor.authorAJENG TRIAS BINAR
dc.date.accessioned2013-12-05T04:58:39Z
dc.date.available2013-12-05T04:58:39Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210204131
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4722
dc.description.abstractPembelajaran IPA di SD Negeri Gebang 01 Jember yang dilaksanakan oleh guru kelas masih menerapkan metode konvensional dalam proses pembelajaran. Guru terlalu mendominasi pembelajaran sehingga keterlibatan peserta didik masih sangat kurang. Pada pembelajaran konvensional, siswa bukan lagi sebagai subjek pembelajaran melainkan objek pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas maka dirumuskan masalah sebagai berikut: 1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA sub pokok bahasan Energi Alternatif dan Penggunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari melalui penerapan model kooperatif tipe TGT dengan media Kokami pada siswa kelas IV SD Negeri Gebang 01 Jember, dan 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sub pokok bahasan Energi Alternatif dan Penggunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari melalui penerapan model kooperatif tipe TGT dengan media Kokami pada siswa kelas IV SD Negeri Gebang 01 Jember. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA sub pokok bahasan Energi Alternatif dan Penggunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari melalui penerapan model kooperatif tipe TGT dengan media Kokami di SD Negeri Gebang 01 Jember. 2) untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA sub pokok bahasan Energi Alternatif dan Penggunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari melalui penerapan model kooperatif tipe TGT dengan media Kokami di SD Negeri Gebang 01 Jember. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN SD Negeri Gebang 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data penelitian ini adalah uji ketuntasan belajar siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa, persentase ketercapaian aktivitas belajar siswa dari pra siklus sebesar 51.2% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 79% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu 82.3%. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I yaitu siswa yang tuntas berjumlah 36 siswa atau 73.5% siswa yang belum tuntas secara klasikal. Persentase hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas berjumlah 47 siswa atau sebesar 95.9% yang tuntas secara klasikal atau lebih mencapai ketuntasan seperti yang diharapkan yaitu ≥ 65 sehingga pembelajaran dihentikan pada siklus II. Dalam penelitian ini, maka diajukan beberapa saran sebagai berikut: 1) bagi guru, yang berminat untuk menerapkan pembelajaran kooperatif Tipe TGT dengan Media Kokami harus benar-benar menguasai konsep pembelajaran. 2) bagi kepala sekolah, diharapkan dapat memberikan fasilitas bagi guru maupun siswa untuk pengadaan media atau sumber belajar sehingga dapat menunjang tercapainya pelaksanaan pembelajaran yang baik. 3) bagi peneliti lain, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media Kokami supaya dijadikan bahan rujukan dan referensi dalam penelitian-penelitian selanjutnya. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Gebang 01 Jember mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TGT dengan media Kokami.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204131;
dc.subjectKooperatif Tipe TGT, Media Kokami , Aktivitas dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) dengan Media Kokami untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Alternatif di SDN Gebang 01 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record