ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA REKREASI PANTAI WATUDODOL DI KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Kemampuan pengelola wisata dalam memberikan pelayanan yang memuaskan pengunjung
akan memberikan kesuksesan dalam mencapai pemasarannya. Kualitas pelayanan yang baik
merupakan salah satu yang menjadi unsur dalam memuaskan pelanggan, kualitas pelayanan dapat
memberikan dorongan kepada pelanggan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pihak
pengelola atau petugas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung
Wisata Pantai Watudodol terhadap kinerja layanan wisata yang dikaitkan dengan tingkat
kepentingan pengunjung dan untuk mengetahui posisi masing-masing faktor pada diagram
Performance-Importance Analysis dalam memberikan kepuasan kepada pengunjung.
Populasi penelitian ini adalah semua konsumen yang menggunakan jasa yang disediakan oleh
pihak pengelola Objek Wisata Watudodol di Kabupaten Banyuwangi. Sampel terpilih sebanyak 100
orang. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan Importance-Performance
Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen atas kualitas jasa objek wisata
Pantai Watu Dodol di Kabupaten Banyuwangi telah terpenuhi. Hal itu menunjukkan adanya
kepuasan yang telah diperoleh oleh pengunjung. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil skor kinerja > skor
kepentingan pengunjung.