PELAKSANAAN ADMINISTRASI PRODUK DANA TABUNGAN PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG JEMBER
Abstract
Perkembangan dunia perbankan dewasa ini mempunyai hubungan yang
sangat erat dengan pertumbuhan perdagangan khususnya dan perekonomian pada
umumnya. Dalam pendirian suatu bank selalu terdapat perwujudan adanya suatu
langkah menuju kearah kemajuan perdagangan, yang berarti adanya kesibukan
dalam kegiatan ekonomi untuk mengembangkan kegiatan ekonomi tersebut. Perlu
adanya sumber - sumber penyediaan dana, dimana dalam masalah persediaan
dana, tidak akan lepas dari suatu lembaga yaitu lembaga perbankan.
Bank Tabungan Negara Jember sebagai salah satu Bank Pemerintah yang
ada di Jember dalam tujuannya untuk menarik para nasabah maka mengeluarkan
produk dana yang memungkinkan dapat meningkatkan keuntungan bagi bank
tersebut. Dimana salah satu produk yang ada yaitu pelayanan jasa tabungan.
Setiap transaksi yang terjadi pada semua badan usaha tidak akan terlepas
dari bidang administrasi. Lebih - lebih dunia perbankan yang mengelola masalah
sirkulasi atau perputaran uang akan sangat membutuhkan pengaturan administrasi
yang lebih baik dan efektif. Penyelenggaraan administrasi dalam hal ini adalah
untuk mengadakan pencatatan atas segala transaksi yang terjadi dalam kegiatan
sehari-hari mengenai keluar masuknya uang sehingga kondisi keuangan
perusahaan dapat diketahui secara pasti.
Kepuasan para nasabah juga dipengaruhi oleh pelayanan yang baik dan
ramah dari para Customer Service serta prosedur administrasi yang sederhana,
baik dan tidak menyulitkan sehingga para nasabah merasa puas dan menaruh
kepercayaan dalam memanfaatkan jasa bank. Bagaimanapun kepercayaan nasabah
adalah faktor pendukung utama bagi bank.
Bank Tabungan Negara memiliki beberapa produk antara lain berupa
dana, jasa dan kredit, disamping itu bank juga menyediakan jasa - jasa dalam
lalulintas pembayaran dan peredaran uang.