PROSEDUR ADMINISTRASI PENGUPAHAN PADA UPT PENGUJIAN SERTIFIKASI MUTU BARANG-LEMBAGA TEMBAKAU JEMBER DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TIMUR
Abstract
Pendirian suatu badan usaha atau sebuah perusahaan mempunyai maksud dan
tujuan tertentu. Tujuan ini sangat penting dan harus ditetapkan sebelum
perusahaan menentukan suatu strategi dalam menjalankan kegiatan perusahaan.
Tanpa adanya tujuan yang pasti perusahaan tidak akan dapat beroperasi dengan
baik meskipun memiliki suatu kesempatan yang baik.
Salah satu tujuan perusahaan didirikan yaitu untuk memperoleh keuntungan,
sebab keuntungan merupakan salah satu tolak ukur berhasil tidaknya suatu
perusahaan dalam menjalankan usahanya. Selain itu berguna juga untuk
mempertahankan kelangsungan hidup serta dapat mengembangkan usaha yang
dilakukan.
Suatu perusahaan sangat bergantung pada kemampuannya untuk berkompetisi
agar produktifitas perusahaan dapat dipertahankan dan terlebih lagi dapat
ditingkatkan. Dalam menggali sumber penerimaan dan pengalokasian dana pada
pengeluaran kas tersebut, memerlukan pengolahan, pengawasan dan perhitungan
secara terencana, tepat dan bertanggung jawab. Oleh karena itu dibutuhkan suatu
bagian khusus keuangan dengan sumber daya manusia yang profesional untuk
menanganinya dengan baik dan benar. Misalnya pada bagian keuangan UPT
Pengujian Sertifikasi Mutu Barang – Lembaga Tembakau (UPT PSMB-LT)
Jember yang mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan keuangan dan
perumusan dibidang anggaran, perbendaharaan, verifikasi, serta pembukuan dan
perhitungan.