PELAKSANAAN ADMINISTRASI PERSONALIA DI UPT PENGUJIAN SERTIFIKASI MUTU BARANG PADA LEMBAGA TEMBAKAU JEMBER
Abstract
Proses pendirian suatu perusahaan baik itu yang bergerak dalam bidang
Industri maupun jasa selalu dilandasi keinginan untuk mencapai tujuan dan
sasaran tertentu. Setiap perusahaan tentu selalu memiliki tujuan yang ingin
dicapainya, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai setiap perusahaan sebenarnya
sama yaitu mereka ingin mencapai laba yang optimal dalam jangka panjang
sehingga kelangsungan hidup dari perusahaan tersebut dapat terjamin. Salah satu
faktor yang ikut menentukan tercapainya tujuan perusahaan adalah sumber daya
manusia.
Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor produksi yang harus
diperhatikan dalam suatu perusahaan karena merekalah kunci utama kesuksesan
perusahaan di masa sekarang dan mendatang, oleh karena itu perlu didukung
dengan adanya fungsi-fungsi manajemen, yang terdiri dari : fungsi perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Manajemen personalia
menyangkut masalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian
atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, pengintregasian,
pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia untuk
mencapai sasaran perorangan (Flippo, Edwin B, 2005:5)
Masalah personalia atau ketenagakerjaan sekarang ini semakin kompleks,
karena manajemen harus menghadapi perubahan teknologi yang semakin cepat,
pembatasan berbagai peraturan pemerintah, penyusutan supply energi dan
sumberdaya lainnya, tuntutan peningkatan perhatian terhadap karyawan,
persaingan antar pekerja, kemajuan serikat kerja terhadap masalah-masalah tenaga
kerja dan sebagainya, yang semua ini disebabkan oleh berkembang dan majunya
manajemen ilmiah untuk meningkatkan prestasi kerja dan menghindari gerakgerak
yang tidak semestinya.