Show simple item record

dc.contributor.authorBAGUS DODY OKTARIZA
dc.contributor.authorBAGUS DODY OKTARIZA
dc.date.accessioned2013-12-05T04:13:10Z
dc.date.available2013-12-05T04:13:10Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM081910301041
dc.identifier.nimNIM081910301052
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4651
dc.description.abstractKondisi parkir di kawasan pasar Kepatihan terletak di pinggir jalan (on street parking). Dengan kondisi parkir yang demikian maka terjadi penyempitan jalan yang berpengaruh terhadap kelancaran arus lalu lintas di sekitar lokasi Dari data hasil pengamatan yang telah dilakukan di kawasan pasar Kepatihan Jember .Panjang kemacetan hingga jarak kurang lebih 200 m dari tempat penyeberangan pasar kepatihan (zebra cross) di depan Jl. Ahmad Yani hingga sepanjang lampu merah Gladak Kembar. Lebar ruang parkir motor yang dipakai sebesar 3,7 m untuk sisi kanan,sedangkan sisi kiri sebesar 2 meter sehingga lebar total jalan yang seharusnya sebesar 14,5 m menjadi sekitar 8,8 m. Dengan adanya masalah parkir diatas maka perlu dilakukan penelitian mengenai bagaimana karakteristik parkir serta optimalisasi ketersediaan lahan parkir yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penataan pola parkir di kawasan pasar Kepatihan Jember tehadap kinerja jalan Ahmad Yani Jember. Untuk itu dilakukan survey volume lalu lintas, geometrik jalan, hambatan samping yang mengacu pada MKJI 1997 dan survei parkir melalui pencatatan plat nomor setiap kendaraan yang parkir di badan jalan yang mengacu kepada Pedoman Teknis Penyelengaran Fasilitas Parkir. Dari hasil survei didapatkan tingkat pelayanan jalan di sekitar kawasan Pasar Kepatihan dan tingkat pelayanan parkir tiap sektor. Setelah dilakukan analisa kemudian didapatkan kinerja jalan dan kinerja parkir dimasing-masing sektor. viii Dari hasil analisis didapatkan V/C tertinggi yaitu sebesar 1.16 dengan tingkat pelayanan F. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa pada ruas jalan ini mengalami kemacetan yang tinggi pada jam-jam puncak, karena dari perhitungan tingkat pelayanan didapatkan nilai melebihi dari nilai yang distandarkan. Nilai tingkat pelayanan tertinggi yaitu pada hari Rabu dengan nilai Tingkat Pelayanan F. Dan untuk nilai tingkat pelayanan terendah yaitu pada hari Minggu yaitu dengan nilai A.Kapasitas jalan dipagi hari kecil dikarenakan saat pagi hari kendaraan yang parkir dibadan jalan masih banyak, hal ini merupakan penyebab utama dari kemacetan jalan depan pasar Kepatihan (sisi jalan Ahmad Yani). Dari analisa kinerja parkir kondisi parkir kendaraan sepeda motor di kawasan pasar Kepatihan di hari Rabu, puncak parkir terjadi di interval waktu 05.30-05.45 dengan jumlah kendaraan yang datang sama sebanyak 148 kendaraan dan mobil sebanyak 7 kendaraan pada jam 08.00- 08.15. Seperti yang kita ketahui bahwa kapasitas parkir yaitu jumlah parkir maksimum kendaraan di suatu tempat parkir dalam selang waktu tertentu Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan. Terdapat dua alternatif penataan pola parkir di kawasan pasar Kepatihan. Setelah dilakukan perbandingan antara penataan pola parkir pertama dan kedua, untuk penelitian ini diambil penataan pola parkir alternatif yang pertama. Penataan pola parkir alternatif pertama dengan parkir sepeda motor 900 dan parkir mobil 00 atau parkir paralel dirasa lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari lebar efektif jalan yaitu sebesar 12,2 m. Dengan diterapkannya pola parkir alternatif pertama nilai derajat kejenuhannya sebesar 0,74 atau C sesuai dengan standart yang telah disyaratkan.en_US
dc.relation.ispartofseries081910301052;
dc.relation.ispartofseries081910301041;
dc.subjectPenataan Pola Parkiren_US
dc.titlePENATAAN POLA PARKIR KAWASAN PASAR KEPATIHAN JEMBER ( SISI JALAN AHMAD YANI JEMBER)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record