PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN PERBANDINGAN DAN SKALA PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP SDN JENGGAWAH 04 TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru selama 4 kali pertemuan terjadi peningkatan aktivitas mengajar yaitu pada siklus I pertemuan pertama sebesar 87% dan pada pertemuan kedua mencapai 90%. Pada siklus II pertemuan pertama dan kedua mengalami perubahan yakni 93% menjadi 97%. Berdasarkan hasil observasi tersebut diperoleh rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 88,5% dan rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus II sebesar 95%.
Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama persentase aktivitas bertanya sebesar 45%, mencatat sebesar 61%, kerja kelompok sebesar 66%, diskusi sebesar 77%, dan persentasi sebesar 63%. Pada pertemuan kedua persentase aktivitas bertanya sebesar 64%, mencatat sebesar 72%, kerja kelompok sebesar 67%, diskusi sebesar 79%, dan persentasi sebesar 73%. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II pertemuan pertama persentase aktivitas bertanya sebesar 68%, mencatat sebesar 75%, kerja kelompok sebesar 71%, diskusi sebesar 81%, dan persentasi sebesar 76%. Pada pertemuan kedua persentase aktivitas bertanya sebesar 73%, mencatat sebesar 79%, kerja kelompok sebesar 75%, diskusi sebesar 84%, dan persentasi sebesar 79%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi perbandingan dan skala. Beberapa saran yang perlu dipertimbangkan bagi siswa adalah selalu belajar dengan aktif dan bagi guru adalah perlu menggunakan cara yang lebih mudah dalam menyelesaikan materi pembelajaran agar siswa mudah memahami.