ANALISIS KONFIRMATORI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PELAJAR SLTA DALAM MEMBELI HELM MEREK INK DI KOTA JEMBER
Abstract
Helm merupakan salah satu alat pelindung yang sangat penting bagi
pengendara motor, yang berfungsi untuk melindungi organ terpenting dari
manusia yaitu otak. Helm INK merupakan salah salu merek helm yang paling
diminati oleh kalangan muda-mudi khususnya dikalangan pelajar SLTA.
Fenomena trend Helm INK terjadi antara lain di Purwokerto, Bandung, Surabaya,
Jember, Banyumas, kupang, dan masih banyak kota-kota lainnya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran
yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan tempat terhadap keputusan
pembelian helm merek INK pada pelajar SLTA di kota Jember.
Populasi penelitian ini adalah para pelajar SLTA di kota Jember yang
membeli helm merek INK. Sampel dalam penelitian ini adalah pelajar SLTA yang
telah membeli dan menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian melalui dua tahap, yaitu
tahap pertama menggunakan teknik cluster random sampling dalam memilih
SLTA di kota Jember kemudian menggunakan teknik purposive sampling dalam
penentuan respondennya. Responden terpilih sebanyak 160 responden. Lokasi
pada penelitian dilakukan di beberapa SLTA di kota Jember.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan
data sekunder. Metode pengumpulan data melalui metode kuisioner dan metode
kepustakaan. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis
regresi dengan pendekatan konfirmatori.
Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian helm INK
pada pelajar SLTA di kota Jember, yang terlihat dari koefisien regresi positif
sebesar 0.599 (mengindikasikan arah hubungan positif) dengan C.R sebesar 2.191
dan diperoleh probabilitas signifikan (p) sebesar 0.028. Harga berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian helm INK pada pelajar SLTA di kota
Jember, yang terlihat dari koefisien regresi negatif sebesar -0.332
(mengindikasikan arah hubungan negatif) dengan C.R sebesar -2.144 dan
diperoleh probabilitas signifikan (p) sebesar 0.032. Promosi berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian helm INK pada pelajar SLTA di kota
Jember, yang terlihat dari koefisien regresi positif sebesar 0.847 (mengindikasikan
arah hubungan positif) dengan C.R sebesar 2.302 dan diperoleh probabilitas
signifikan (p) sebesar 0.021. Tempat tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian helm INK pada pelajar SLTA di kota Jember. Hasil
penelitian ini mengindikasikan arah hubungan negatif, hal ini terlihat dari
koefisien regresi negatif sebesar -0.100 dengan nilai C.R sebesar -0.528, dan
diperoleh probabilitas (p) sebesar 0.597.