PELAKSANAAN ADMINISTRASI PAKET POS PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) JEMBER
Abstract
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata pada
PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Besar Jember dengan judul : Pelaksanaan
Administrasi Paket Pos pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Besar Jember
dapat disimpulkan sebagai berikut :
5.1 Administrasi paket pos pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Besar
Jember
a. Kegiatan administrasi paket pos dilakukan pengadministrasian untuk megetahui
apakah barang-barang yang akan dikirim atau dipaketkan tersebut telah
memenuhi persyaratan dan diperkenankan oleh pihak kantor pos.
b. Pembungkusan ulang paket pos digunakan untuk pengarsipan dan sebagai daftar
pengantar kiriman paket pos dengan disertakan formulir PP1.
c. Setelah Proses pembungkusan ulang paket maka paket tersebut dibawa di bagian
puri pengiriman untuk dimasukkan ke dalam kantong yang disertai label kantong
paket pos (Pp9).
d. Bagian puri kirim akan menyerahkan pada bagian pengiriman kantong paket pos
sesuai tujuan dengan membuat K7 sebagai bukti serah kepada bagian ekspedisi.
Kegiatan pengiriman kembali dan penyusulan paket pos pada Kantor Pos Besar
Jember adalah paket yang alamatnya tidak jelas akan dikembalikan ke kantor pos
asal dimana paket pos tersebut dikirim.
Demikianlah PT. Pos Indonesia (persero) Kantor Pos Besar Jember didalam
melakukan kegiatan rutinitasnya selalu mengutamakan kepentingan dan kepuasan
masyarakat agar tercipta pelayanan jasa yang baik.
5.2 Tugas-tugas yang dilaksanakan selama Praktek Kerja Nyata
Pengalaman praktis yang diperoleh selama kegiatan Praktek Kerja Nyata (PKN)
ialah dapat mengetahui dan mempelajari secara langsung tentang pelaksanaan
administrasi, khususnya administrasi pengiriman paket pos pada PT. Pos Indonesia
(persero) Kantor Pos Besar Jember. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara
lain :
a. Pelaksanaan administrasi paket pos merupakan kegiatan yang dilakukan untuk
mendata barang yang akan dikirimkan.
b. Proses pembungkusan ulang paket pos dilakukan oleh bagian puri kirim sebagai
tindak lanjut atas proses sebelumnya yaitu proses penerimaan barang.
c. Paket pos memiliki label kantong paket pos atau PP9 akan diserahkan pada
bagian antaran/ekspedisi.
d. dalam pengiriman paket pos akan terjadi beberapa kesalahan pengiriman dan
dilakukan pengiriman dan penyusulan kembali.
e. Kegiatan-kegiatan pelaksanaan administrasi pengecekan paket pos dilakukan
oleh kantor pos penerima paket pos untuk dikirimkan pada penerima paket.
Dalam pelaksanaan sistem administrasi pengiriman paket pos ada beberapa hal
pokok yang harus diperhatikan, seperti meminimalisir kesalahan pada pemberian nama
tujuan paket pos dan jenis paket yang akan diminta dan dikirim oleh pengirim.