PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SKRAMBEL SISWA KELAS IV SDN KARANGREJO 02 AJARAN 2010/2011
Abstract
Penerapan teknik skrambel yang dapat meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 tahun pelajaran 2010/2011 adalah
dengan membentuk kelompok siswa yang terdiri dari enam kelompok siswa yang
masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang, kemudian siswa ditugaskan untuk
membaca teks yang telah disediakan lalu kelompok siswa ditugaskan untuk
menyusun kartu paragraf yang telah diacak untuk diurutkan sesuai dengan bacaan
yang sesungguhnya.
Adapun peningkatan hasil belajar membaca pemahaman siswa setelah
digunakan teknik skrambel siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 tahun pelajaran
2010/2011 adalah terbukti dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus 1 yang
mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥ 70) sebanyak 20 siswa atau 66.7% dari total 30
siswa. Sebanyak 10 siswa atau sebesar 33.3% dari total 30 siswa belum mencapai
ketuntasan nilai (nilai ≥ 70). Secara klasikal (≥ 75% dari total jumlah siswa) yang
mencapai ketuntasan nilai hanya 66.7%. Hasil tes siklus II siswa yang mencapai
ketuntasan nilai (nilai ≥70) sebanyak 30 siswa, Secara klasikal (≥ 75% dari total
jumlah siswa) yang mencapai ketuntasan nilai sebanyak 100% dari total 30 siswa.
Berdasarkan penerapan teknik skrambel pada pembelajran membaca
pemahaman siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 tahun pelajaran 2010/2011 terbukti
dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa yang tadinya belum bisa
memahami makna sebuah bacaan akhir bisa memahaminya dan hasil belajar siswa
pun meningkat dari sebelumnya sehingga, teknik skrambel dapat dijadikan alternatif
oleh guru dalam pembelajaran karena terbukti teknik ini dapat meningkatkan
keterampilan membaca pemahaman siswa.