| dc.description.abstract | Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  dan  mendeskripsikan  bagaimana 
implementasi  strategi  saluran  distribusi  surat  kabar  Jawa  Pos  dalam  menghadapi 
persaingan  penjualan  surat  kabar  pada  PT.  Jember  Intermedia  Pers.  penelitian  ini 
dilakukan  di  PT.  Jember  Intermedia  Pers  dengan  menggunakan  metode  penelitian 
deskriptif  dengan  paradigm  kualitatif  mengenai  implementasi  strategi  saluran 
distribusi guna menghadapi persaingan surat kabar. Variabel-variabel strategi saluran 
distribusi yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah strategi mitra kerja dengan 
menggunakan  tehnik  analisis  domain  dan  taksonomi.  Domain  merupakan  tehnik 
analisis  yang  mencari  gambaran  umu  dan  menyeluruh  tentang  situasi  sosial  obyek 
penelitian, sedangkan taksoomi adalah tehnik analisis yang melihat keseluruhan data 
yang  terkumpul  berdasarkan  domain  dan  kemudian  diuraikan  secara  lebih  terperinci 
serta  mendalam.  Penarikan  kesimpulan  dilakukan  dengan  menggunakan  metode 
induktif,  yaitu  penarikan  kesimpulan  yang  berangkat  dari  hal-hal  kecil.  Setelah 
melakukan  analisa  terhadap  data  yang  diperoleh,  kemudian  mengacu  kepada  hal-hal 
yang  lebih  umum  agar  maksud  serta  hasil  penelitian  lebih  mudah  dipahami  oleh 
umum.  Kebenaran  penelitian  dilakukan  dengan  menggunakan  tehnik  trianggulasi, 
yaitu  tehnik  keabsahan  data  dengan  membandingkan  perolehan  data  temuan  dari 
perusahaan dengan hasil wawancara  yang dilakukan penulis kepada informan terkait 
terhadap dengan pelaksanaan strategi saluran distribusi yaitu strategi mitra kerja. Dari 
penelitian  yang  telah  dilakukan  dengan  tehnik  analisis  yang  telah  ditetapkan  maka 
hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi saluran distribusi yang dijalankan 
PT.  Jember  Intermedia  Pers  dapat  dikatakan  efektif  ditunjukan  dengan  tingginya 
oplah  harian  ditambah  lagi  dengan  mampu  menjadi  Koran  terbesar  di  tapal  kuda. 
Melihat dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa implementasi strategi saluran 
distribusi yang dilakukan PT. Jember Intermedia Pers memiliki kecenderungan untuk 
mampu menghadapi persaingan penjualan surat kabar. | en_US |