Show simple item record

dc.contributor.authorNur Farida Ulfa
dc.date.accessioned2013-12-05T03:39:07Z
dc.date.available2013-12-05T03:39:07Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM060210103298
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4583
dc.description.abstractPenggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu merupakan model pembelajaran dimana siswa diarahkan untuk merangkum materi dan menjadikan hasil rangkuman tersebut sebagai lirik lagu yang digemarinya sehingga memudahkan siswa untuk mengingat materi yang sedang dipelajarinya. Penggunaan rangkuman maetri sebagai lirik bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu pada pembelajaran biologi terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Cluring. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Cluring. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang mana menggunakan seluruh subjek dalam kelompok belajar (intact group) untuk diberi perlakuan (treatment), bukan menggunakan subjek yang diambil secara acak (Samad, 2009)[Serial online]. Tempat penelitian Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cluring,. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X5 dan X6 semester genap tahun ajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar aspek Attention (p = 0,005), aspek Relevance (p = 0,001), aspek Convidance (p = 0,005), aspek Satisfaction (p = 0,018). Dengan selisih rerata nilai motivasi kelas eksperimen : kelas kontrol. Perbandingan selisih rerata nilai motivasi kelas eksperimen : kelas kontrol adalah 1,07:-0,36 (untuk Attention Awal dan Attention Akhir), 1,31 : 0,23 (untuk Relevance Awal dan Relevance Akhir), 1,07: -0,3 (untuk Convidance Awal dan Convidance Akhir) 1,24:-0,21 (untuk Satisfaction Awal dan Satisfaction Akhir). Penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu berpengaruh signifikan terhadap nilai kognitif siswa dengan selisih rerata kelas eksperimen : kontrol = 8,5 : 6,94 dan signifikasi 0,033, nilai psikomotor siswa dengan selisih rerata kelas eksperimen : kontrol = 10,13 : 2,56 dan signifikasi > 0,063, pada nilai psikomotor tidak terjadi pengaruh yang signifikan hal ini disebabkan karena kurangnya aktifnya siswa pada pembelajaran sehingga menyebabakan nilai psikomotor menjadi rendah, selain itu peneliti kurang bisa memotivasi siswa untuk lebih aktif lagi, nilai afektif siswa dengan selisih rerata kelas eksperimen : kontrol = 11,34 : 12,09 dan signifikasi 0,002. Penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu pada SMA Negeri 1 Cluring pada SK ke-4, berpengaruh signifikan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Cluring yang mencakup attention, relevance, convidance dan satisfaction. Penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu pada SMA Negeri 1 Cluring pada SK ke-4, berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif siswa kelas X SMA Negeri 1 Cluring. Sedangkan hasil belajar pada ranah psikomotor penggunaan rangkuman materi sebagai lirik lagu tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah psikomotor siswa kelas X SMA Negeri 1 Cluring.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210103298;
dc.subjectPembelajaran Biologi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Cluring Banyuwangien_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN RANGKUMAN MATERI SEBAGAI LIRIK LAGU PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 CLURING BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record