dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT dan meningkatkan kemampuan membaca
permulaan siswa kelas I SDN Slawu 03 Jember setelah menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT. Pengambilan data dalam penelitian ini
dilaksanakan di SDN Slawu 03 Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas I tahun
ajaran 2010-2011 dengan jumlah 49 siswa yang terdiri dari 24 laki-laki dan 25
perempuan. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi.
Hasil observasi tiga aspek penilaian kemampuan membaca pada siklus I dan
siklus II diperoleh data bahwa kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan
secara bertahap. Pada siklus I terlihat kelancaran membaca siswa dengan persentase
86,73%, penggunaan lafal bahasa 73,46%, dan penggunaan intonasi dalam membaca
65,30%. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase sebagai berikut; 91,32 % sudah
lancar dalam membaca, 80,10 % sudah tepat dalam melafalkan, dan 77,55% intonasi
yang digunakan sudah benar. Secara klasikal aktivitas siswa juga mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase ketuntasan 74,83 % menjadi
82,11%.
Beberapa saran berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif
tipe NHT yaitu, 1) guru harus memberikan pengertian pada siswa tentang pentingnya
kerjasama antar teman khususnya dalam hal-hal yang positif, 2) guru harus terus
mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran agar siswa
tidak merasa bosan dalam proses belajar mengajar, 3) siswa hendaknya lebih
bersemangat dalam menerima pelajaran dan membudayakan sikap gemar membaca ,
4) sekolah harus terus meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa guna
mengembangkan kreativitas dan kerjasama guru, dan 4) diharapkan hasil penelitian
ini digunakan sebagai sebuah masukan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian
lebih lanjut dengan topik yang sejenis dengan pokok bahasan yang lebih luas. | en_US |