PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UD. SENTRAL BANYUWANGI
Abstract
UD. Sentral Banyuwangi merupakan perusahaan/organisasi bisnis yang
bergerak dibidang mebel. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal,
yaitu penelitian yang menghubungkan antara dua variabel, dan bersifat sebab
akibat dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini yaitu
konsumen UD. Sentral Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh
kualitas produk dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian
konsumen serta untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kualitas
produk dan promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada
UD. Sentral Banyuwangi. Data primer diperoleh melalui metode kuesioner dari
100 responden yaitu konsumen UD. Sentral. Data yang telah diolah kemudian
dianalisis dengan menggunakan rumus analisis regresi linier berganda dengan
bantuan program SPSS. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah
uji instrument penelitian dengan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier
berganda, uji F, uji t serta uji asumsi klasik dengan uji multikolinieritas,
heteroskedastisitas, autokorelasi, dan normalitas.
Berdasarkan pada hasil perhitungan, diperoleh hasil hipotesis sesuai
dengan yang telah dirumuskan dan dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (Ho)
ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan ketentuan tersebut, hasil
penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas produk dan promosi berpengaruh
terhadap keputusan pembelian konsumen pada UD. Sentral Banyuwangi.