PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SMK AL - ISHLAH MAYANG SEMESTER GENAP TAHUN TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Pada umumnya pembelajaran IPS di sekolah masih berpusat pada guru dan
siswa cenderung pasifdalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara
dengan guru bidang studi IPS di SMK AL-ISHLAH Mayang diperoleh informasi
bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran IPS. Akibatnya rata-rata hasil
belajar siswa masih berada dibawah standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang
ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan
pembelajaran Kooperatif, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa
dengan penerapan Kooperatif Learning tipe NHT. Subyek penelitian ini
adalahsiswakelas XI Semester Genap SMK AL-ISHLAH Mayang.Pengambilan
data dimulai pada tanggal 14April Sampai 31 Mei.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang
digunakan adalah model skema Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua
siklus.Berdasarkan model skema Hopkins maka dikembangkan desain penelitian
menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Pada tiap akhir siklus diberikan tes akhi runtuk mengetahui
sejauh mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari. Adapun metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Analisa data merupakancara yang paling
menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat
menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
40
Hasil penelitian ini adalah penerapan kooperatif learning tipe NHT pada
kelas XI SMK AL-ISHLAH Mayang Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013
berjalan lancer dan baik. Hal ini bias dilihat dari hasil aktivitas dan hasil belajar
siswa yang meningkat dari pembelajaran pertama sampai pembelajaran keempat.
Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa
menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu kooperatif learning tipe NHT.
Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa penerapan
kooperatif learning tipe NHT cukup efektif untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa pada kelas XI SMK AL-ISHLAH Mayang. Hal ini terlihat dari
peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.