PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN PALERAN 05 KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Paleran 05 mulai tanggal 25
Februari sampai 10 Maret 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah
model skema dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi
ix
perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi
(reflection). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi,
dokumentasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus.
Setelah di lakukan penelitian pada siswa kelas IV SDN Paleran 05 ketuntasan
hasil belajar siswa meningkat pada siklus I mencapai 40% dan telah mencapai
ketuntasan belajar secara klasikal di kelas IV, sedangkan disiklus II persentase
ketuntasan belajar mencapai 80%, sehingga peneliti menghentikan penelitian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil
belajar pada pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi sesudah
diterapkannya pembelajaran menggunaan media tiga dimensi. Penggunaan media tiga
dimensi dengan pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dapat
meningkatkan minat siswa untuk belajar karena media yang di gunakan sangat
menarik bagi siswa.